Kamis, 28 Juli 2011

Kuliner Indonesia – Malaysia, Serupa tapi Tak Sama


Hampir mirip dengan Indonesia, kuliner Malaysia juga kaya akan bumbu. Dan setahu saya juga, ada beberapa makanan khas Malaysia yang nama, bentuk, dan rasanya sama persis dengan makanan nusantara.

Nasi Lemak
Selain karena tradisi dalam negeri, kuliner Malaysia juga turut berkembang berkat pembauran budaya dari masyarakat. Budaya masakan Cina Kanton dan India bagian selatan disebut-sebut paling mendominasi perkembangan kuliner Malaysia.

Pun seperti Indonesia, beras yang dimasak menjadi nasi merupakan makanan pokok masyarakat Malaysia. Sementara, setahu saya juga, makanan paling favorit orang-orang Malaysia adalah nasi lemak, kalau di Indonesia sih seperti nasi uduk, nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa.

Nah, berikut ini beberapa makanan khas Malaysia, yang menurut saya beberapa di antaranya hampir mirip dengan makanan Indonesia. 

Sate 

Potongan daging sapi, kambing, atau ayam yang ditusukkan ke batang lidi dan dibakar ini cukup popular di Malaysia. Biasanya, orang Malaysia menyantap sate ditemani dengan saus kacang pedas dan the manis hangat.

Nasi Lemak

Makanan yang satu ini sudaha pasti terbuat dari beras, diolah atau dimasak dengan santan dan disajikan bersama sejumlah lauk seperti ikan asin, telur, sambal, dan lainnya. Kalau ingin membayangkan, coba saja bayangkan nasi uduk di sekitaran Jakarta, bentuk dan rasanya hampir sama dengan nasi lemak Malaysia.

Nasi Dagang
Nasi Dagang

Menu ini biasa disantap ketika pagi hari alias buat sarapan. Nasi dagang ini tersohor di Negara bagian Kelantan dan Trengganu. Sajian utama nasi dagang terdiri dari nasi brastari dan ikan kari. 

Char Kway Teow

Barangkali, kalau di Indonesia makanan ini hampir mirip dengan kwe tiaw. Shar Kway Teow ini sendiri merupakan menu yang berupa bihun tawar digoreng dengan bawang putih yang dicincang halus, ditambah dnegan potongan udang segar, kerang, tauge, dan telur sekaligus dibumbui dengan kecap dan saus sambal.

Rendang
Rendang

Jangan kira makanan ini Cuma ada di Indonesia, di Malaysia rending juga sangat popular. Bentuk, rasa, dan cara masaknya juga hampir sama dengan renda yang ada di Indonesia. 

Gambar: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar