Senin, 13 Februari 2012

Catatan dari Korea Tourism Awards 2011 KTO Indonesia


Korea Tourism Awards 2011 & Business Plan 2012
Hari Jumat kemarin, saya mendapat satu kehormatan untuk menghadiri sebuah acara penghargaan wisata yang diadakan oleh kantor perwakilan wisata Korea yang ada di Indonesia, mewakili dari komunitas blogger yang aktif menulis tentang wisata, terutama wisata Korea. Bersama beberapa orang teman, saya datang ke acara yang mengambil tempat di Hotel Mulia, Jakarta.

Organisasi pariwisata Korea atau yang juga dikenal dengan nama Korea Tourism Organization Indonesia (KTO) pada Jumat,11 Februari 2012 lalu menggelar acara pemberiaan penghargaan yang bertajuk Korea Tourism Awards 2011. Acara ini sendiri  ditujukan untuk mengapresiasi para perusahaan perjalanan dan wisata Indonesia yang telah banyak membantu mempromosikan wisata ke Korea, sekaligus juga mempresentasikan rencana kerja dari KTO Indonesia untuk tahun 2012 ini.

Banner wisata Korea
Video konten promosi wisata Korea
Melalui acara ini, saya berpendapat jika pemerintah Korea sangat peduli dengan industri wisata dalam negerinya. Jujur saja, saya mengagumi kebijakan seperti itu, mempromosikan wisata lokal ke dunia internasional.  

Sejumlah perwakilan dari perusahaan tour & travel hadir di acara malam penghargaan KTO itu. Di antara mereka, sejauh yang saya lihat.. terpilih 3 perusahaan travel yang mendapat penghargaan dari KTO karena telah berjasa paling banyak memberangkatkan wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Korea.

Para peraih penghargaan berfoto bersama Direktur KTO Indonesia, Mr. Kwon
Susana acara
Selain memberikan sejumlah penghargaan, pihak KTO Indonesia juga sempat menyinggung soal rencana kerjanya untuk tahun 2012 ini. Ada beberapa program kerja yang dicanangkan oleh KTO Indonesia, satu di antaranya adalah mempromosikan sebuah event akbar yang akan diadakan Korea pada pertengahan tahun ini, yakni Yeosu Expo 2012. Expo ini merupakan expo kelas internasional yang kabarnya akan diikuti oleh 100 negara termasuk Indonesia. 

Di samping event expo, pihak KTO Indonesia juga menjelaskan tentang paket wisata yang akan disediakan. Paket wisata yang ditawarkan itu antara lain meliputi berkunjung ke Nami Island dan Dongdaemun Market, berkunjung ke Yeosu dan menyaksikan expo, serta berkeliling kota Seoul.

Slide show Yeosu Expo 2012
Oiya.. informasi mengenai Yeosu Expo 2012 ini bisa dilihat di halaman FB KTOIndonesia, di sana informasinya disampaikan dalam bahasa Indonesia. Sementara untuk informasi dalam bahasa Inggris, bisa diakses melalui situs resmi Yeosu Expo 2012.

Suasana dari malam penghargaan yang diselenggarakan KTO Indonesia itu berjalan meriah dan santai. Semua undangan tampak antusias mengikuti jalannya acara ini. Harapan saya sih semoga event ini selalu ada setiap tahunnya, agara hubungan kerja sama antara Indonesia dan Korea terutama pada bidang pariwisatanya bisa terbina semakin lebih baik lagi. 

Souvenir dari Korea Tourism Awards 2011
Selepas acara utama selesai, ini yang ditunggu-tunggu ..hehehe.. para undangan yang datang dijamu santap malam oleh pihak KTO Indonesia. Dan yang seru juga, setiap undangan yang datang mendapat cinderamata berupa selimut dan buku-buku tentang Korea dari KTO Indonesia.  Ehm.. lumayan, jadi makin tahu tentang Korea.

10 komentar:

  1. keliatannya wisata Korea jadi favorit ya.. saya pernah baca di facebook KTO, katanya Jeju Island jadi tempat Top Places to Visit in 2012 nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabarnya juga begitu, Pulau Jeju jadi favoritnya wisatawan Indonesia yg berkunjung ke Korea.

      Hapus
  2. btw ada informasi lainnya gak tentang beasiswa ke korea atau tentang travel guidenya bro??

    salam blogwalking Faktor Utama kegagalan Orang Pintar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba search KTO Indonesia, kayak yg ada di artikel saya ini. kayakya ada situs resminya deh, ada fb sama twitternya juga.

      Sip, nanti visit balik.

      Hapus
  3. wah, jadi pengen datang juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Amalia, makasih kunjungannya. Kalo ada kesempatan pasti bisa terbang ke Korea.... cari yg gratisan aja, ikut2 kontes FB atau blog ttg Korea gitu, banyak kok.

      Hapus
  4. Korea memang sangat peduli dengan pariwisatanya. Banyak negara lain jg begitu, kayanya cuma Indonesia aja yang gak terlalu bisa menjual pariwisatanya, padahal apa sih yang kita gak punya!? -__-; *miris campur emosi kalau ngomongin masalah ini mas*

    saya pernah main2 ke lokasi syuting Full House di Korea sana. yaelaaah, cuma rumah biasa gitu aja ditambah pantai pasir coklat gitu bisa dijual buat komoditas pariwisata... T__T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju sama mas Choky untuk komentar di paragaf satu. Indonesia bukannya tidak punya daya tarik wisata yang bagus, cuma pengelolaanya saja yang amburadul. Terima kasih untuk kunjungannya.

      Hapus
  5. Wah, acara yang seru mas. Jadi makin tahu tentang wisata Korea dong ..hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan ramai pak, banyak info ttg korea.
      makasih komentarnya.

      Hapus