Kamis, 04 Agustus 2011

Aneka Minuman Segar untuk Berbuka Puasa

Ujian terberat yang paling terlihat selama menjalankan ibadah puasa adalah menahan lapar dan dahaga. Bahkan, ada sebagian orang yang ‘balas dendam’ dengan makan dan minum sebanyak-banyaknya ketika waktu berbuka puasa tiba. Pun begitu, kesabaran dan keikhlasan menjadi kunci utama untuk bisa menjalankan puasa dengan baik. 

Bicara soal menu untuk berbuka puasa, saya punya beberapa pilihan menu minuman yang sepertinya perlu dicoba. Aneka minuman ini semuanya memakai es dan manis. Minuman-minuman ini juga mudah untuk kita buat sendiri atau kita dapatkan dengan cara membeli jadi. Apa saja aneka minuman berbuka puasa itu, ini dia…

es kelapa
Es Kelapa

Minuman yang satu ini sudah cukup populer untuk berbuka puasa. Biasanya, selama Ramadhan, penjual es kelapa makin menjamur. Es kelapa jadi pilihan favorit untuk berbuka puasa karena proses membuatnya yang mudah. Asal ada kelapa, gula, dan es batu, maka siap dibuatlah es kelapa itu. Selain itu, es kelapa juga punya rasa yang tak kalah segar dengan minuman dingin lainnya, belum lagi buah kelapanya menggoda, apalagi kelapa muda.. mantap.

es buah
Es Buah

Es buah termasuk minuman dingin yang punya banyak isi. Pasalnya, macam-macam buah seperti bengkoang, nanas, pepaya, blewah, timun suri, dan lain sebagainya hadir di dalam satu gelas minuman manis yang menyegarkan. Minuman ini juga sering kita di saat bulan puasa sebagai salah satu menu minuman untuk berbuka puasa.

es cincau
Es Cincau

Minuman ini termasuk dalam katagori minuman tradisional. Singkatnya, es cincau ini adalah sejenis minuman beragar. Agar-agar yang terdapat dalam es cincau dibuat dari perasan daun cincau, sehingga biasanya agar-agar cincau yang ada die s ini terlihat berwarna hijau. Ditambahkan dengan sirup gula merah dan es batu, es cincau dingin dan menyegarkan siap di-sruput untuk berbuka puasa. 

es teler
Es Teler

Es teler adalah minuman segar yang berisi campuran antara buah-buahan, sus, gula dan es batu serut. Buahnya sendiri bisa bermacam-macam seperti nangka, alpukat, kelapa muda, atau stoberi, tergantung selera saja. Melepas dahaga setelah seharian berpuasa dengan es teler…ehm, rasanya perlu dicoba. Segar, manis, dan dingin.

es cendol
Es Cendol

Es cendol juga tak kalah segar untuk dijadikan menu minuman berbuka puasa. Es cendol sendiri merupakan minuman yang bahan dasarnya berupa tepung beras, dan diolah bersama santan. Di Jawa Barat, nama es cendol sudah sangat merakyat, tapi di Jawa Tengah nama minuman ini berganti menjadi es dawet. Es cendol ini makin top jika ditambahkan beberapa potonga potongan buah seperti nangka atau alpukat. Sedikit dituangkan sirup atau gula jawa cair, plus beberapa potong es batu, jadilah es cendol segar untuk berbuka puasa.

Gambar: google

5 komentar:

  1. semuanya terasa nikmat,,
    enak nich,,
    bisa dinikmati bersama keluarga,,

    BalasHapus
  2. @ produk perawatan kulit : seger, pilih yang mana aja dijamin nikmat.

    BalasHapus
  3. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  4. Yang butuh bibit Cincau buat bikin es, bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com Siap kirim ke seluruh Indonesia. @Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus
  5. enak banget nih kalau lagi puasa ya. puasa sunnah juga boleh lah menikmati minuman segar ini. thanks ya fren.

    BalasHapus