Rabu, 24 Agustus 2011

Aneka Menu Makanan Favorit di Hari Raya

Tak terasa hari raya Idul Fitri 1432 H atau hari lebaran tinggal beberapa hari lagi. Setelah hampir sebulan penuh berpuasa, tibalah saatnya merayakan hari kemenangan. Oya.. sebelum membaca lebih jauh, sesuai dengan momentum -- kita nikmati dulu sebuah lagu dari Bimbo yang berjudul Lebaran Sebentar Lagi.


Kembali ke hari raya, satu hal juga yang saya tunggu ketika hari lebaran tiba adalah makanannya ..he.he.he.. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ketupat menjadi raja di hari lebaran.

Makanan pokok yang paling wajib untuk berhari raya sudah pasti ketupat. Di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, saya yakin yang merayakan Idul Fitri pasti menghidangkan ketupat sebagai menu makanan utamanya. Ketupat memang sepertinya “Sudah Tradisi” – mengutip slogan sebuah iklan di televisi.

Setelah ketupat, menu lainnya yang juga menu wajib lebaran adalah opor ayam. Ehm.. jadi lapar saya menulis artikel ini. Potongan daging ayam dengan kuah santan plus taburan bawang goreng siap menyatu di atas piring bersama potongan ketupat. Eitss.. ketinggalan, ada juga sedikit kerupuk yang menemani bersantap ketupat dan opor ayam ini.


Tak hanya opor ayam yang biasa menemani ketupat di hari yang fitri, ada juga menu rendang yang bisa jadi pilihan lain. Menu makanan khas Sumatera Barat  berbahan dasar daging sapi ini juga tak kalah sedap dengan opor ayam. 

Sebenarnya, menu hidangan untuk berhari raya bisa bermacam-macam. Semuanya kembali lagi kepada selera Anda. Nah.. sekarang bagaimana dengan Anda, apakah sudah mempersiapkan menu hidangan untuk lebaran nanti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar