Rabu, 03 Agustus 2011

Jus Segar, Lebih Banyak Vitaminnya


Puasa begini.. membayangkan minuman yang segar-segar seperti es buah atau jus pasti maknyus. Ehm… tapi harus sabar, tunggu hingga waktu berbuka tiba. Btw, jika diminta memilih antara es buah dan jus, saya akan lebih memilih meminum jus untk berbuka puasa. Kelihatannya jus lebih segar dan menggoda.


Pun begitu, ada sedikit info yang bisa saya bagi mengenai jus. Misalnya, jus yang baik tidak disimpan terlalu lama, tapi diminum segera selagi segar. Ketika dalam keadaan segar, vitamin yang utuh masih tersimpan di dalam sel dan daging buah yang akan kita jadikan jus.


 Ketika buah dipotong, kemampuan menyimpan vitaminnya hilang. Ini karena paparan udara dan sinar. Akibatnya, akan lebih banyak kerusakan yang terjadi, terutama pada vitamin B dan C. itulah sebabnya jus atau sari buah sebaiknya dikonsumsi ketika masih segar tau baru selesai dibuat.


Jika disimpan terlalu lama, kandungan vitamin dari jus atau sari buah akan menurun drastis, terutama vitamin C. Vitamin  ini bisa rusak karena reaksi udara, unsure logam, pemanasan, dan lain sebagainya. Jadi, minum jus selagi segar ya, lebih banyak vitaminnya. 

Gambar: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar