Kamis, 25 Agustus 2011

Bus Tenaga Listrik, Alternatif Baru Trasportasi Massal


Teknologi otomotif terus berkembang dengan pesatnya. Dari negeri Paman Sam, USA dikabarkan bahwa Proterra Inc – sebuah perusahaan otomotif bidang pembuatan sistem penggerak listrik, control kendaraan, bus transit dan lainnya akan mulai mengembangkan teknologi bus dengan tenaga listrik. Keseriusan Protera ini didukung oleh General Motors Venture LLC dengan menyediakan modal sebesar 6 juta dolar AS.

Dengan menggunakan bus bertenaga listrik, menurut pihak Proterra para perusahaan otobus yang memakainya bisa melakukan banyak penghematan, seperti biaya bahan bakar yang bisa dipangkas dan biaya perawatan yang lebih rendah.

Kendati menjadi sebuah terobosan pada segmen trasportasi massal di jalur darat, keberadaan bus bertenaga listrik ini disebut-sebut oleh banyak pengamat akan berharga mahal. Dan ini akan menjadi kendala bagi banyak perusahaan otobus untuk memiliki bus listrik ini.

Bus Proterra yang menggunakan baterai ini memiliki daya jelajah 50 – 60 km di saat kondisi baterai terisi penuh. Nah.. kalau di Indonesia, apalagi yang di Jakarta yang selalu macet bagaimana? Akan sedikit kewalahan sepertinya bus listrik ini.

Gambar: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar