Senin, 19 Desember 2011

Ini Dia, Steak Termahal di dunia

Salah satu makanan terpopuler di dunia, steak
Steak nggak diragukan lagi memang salah satu makanan terfavorit yang ada di dunia. Ayo ngaku juga deh sering kan kantong kita kebobolan gara-gara hobi banget makan steak. Steak memang nggak murah apalagi jika dagingnya kualitas impor. Tetapi itu belum seberapa lho, ada steak termahal di dunia yang terbuat dari wagyu beef.

Selama ini industri daging sapi di Jepang berhasil menciptakan yang namanya wagyu beef yaitu daging kualitas tinggi yang akan menghasilkan steak super enak. Saat ini sapi wagyu diternakkan tak hanya di Jepang namun juga di luar negeri Matahari Terbit itu. Sapi wagyu yang diternakkan di Kobe merupakan jenis yang paling elit.

Di sini sapi-sapi itu diternakkan melalui metode paling tradisional. Sapi Kobe berasal dari sapi yang hanya dicekoki bir dan dibuat rileks dengan hand massage. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan daging yang empuk dan tesktur marbling sempurna. Tentunya hal ini akan berdampak pada harganya yang mahal, di resto daerah Beverlly Hills harganya 8 ons wagyu steak bisa mencapai 160 dollar.

Sementara itu di Kobe sendiri, kota tempat wagyu beef ini berasal di Renga-tei sepotong wagyu steak yang disajikan dengan salad dipatok dengan harga 206 dollar atau sekitar 24,000 yen. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya harganya yang mahal dikarenakan perawatan sapi wagyu itu sendiri.

Steak, selalu lezat untuk disantap
Mengingat hal ini permintaan akan wagyu beef makin meningkat baik di Jepang maupun belahan bumi lainnya. Perusahaan Amerika seperti Snake River Farms di Idaho juga mengembangkan teknik ternak sapi seperti di Kobe dengan proses yang sama dan harganya pun juga tak jauh beda.

Nah untuk steak mahal ala Amerika ini mahalnya bukan dikarenakan proses budidayanya melainkan proses pengolahan dagingnya yang akan sangat mempengaruhi tekstur dan rasa steak. Ini juga mengurangi lemak-lemak tak berguna yang ada di daging sapi tersebut.

Namun rekor termahal wagyu beef nampaknya masih dipegang oleh Craftsteak di New York. Bayangkan saja satu menu komplit wagyu rib dihargai sekitar 2,800 dollar untuk private party. Kalau melihat harganya yang selangit mending ternak sapi wagyu sendiri aja ya!

Sumber/gambar : www.lapar.com, http://www.worldsmostunique.com

3 komentar:

  1. weh, mahal banget, kira2 kalo di beliin nasi goreng dapet berapa bungkus sob, hehehe ;)

    BalasHapus
  2. @ SM : asli... kalo buat nasi goreng dapat banyak bro... males jugalah ngitung bungkusannya .hehehe..

    BalasHapus
  3. gila mahal amat ya mending makan rendang aja dech

    BalasHapus