Rabu, 14 Desember 2011

Pesona Indah Pantai Krakal

Pesona Pantai Krakal
Dari Yogyakarta, tepatnya Kabupaten Gunungkidul, jelajah wisata saya kali ini akan menghampiri Pantai Krakal. Pantai yang satu ini terletak di Kecamatan Tanjung Sari, tepatnya di Desa Krakal, sekitar 37 kilometer arah selatan dari Wonosari, ibukota Kabupaten Gunungkidul.

Berkunjung ke Pantai Krakal, para wisatawan akan menikmati indahnya panorama laut termasuk hamparan pasir putih dan gulungan ombak laut selatan yang mempesona. Sesekali, di pantai ini juga para turis bisa melakukan aktivitas olahraga seperti voli pantai atau sepak bola pasir. 

Para turis yang gemar membaluri tubuhnya dengan kehangatan sinar matahari juga bisa datang ke pantai ini. Berjemur bisa menjadi salah satu kegiatan wisata yang paling tepat di pantai ini. Kemudian juga, bagi turis yang datang bersama keluarga terutama anak-anak, bisa mengajak mereka menyusuri pantai dan melihat langsung biota laut yang kecil seperti kepiting, kerang, atau keong yang terdampar di tepian pantai.

Pantai Krakal ini ramai dikunjungi turis lokal, terutama ketika hari libur. Karenanya tak jarang akan dijumpai sejumlah hiburan atau aktraksi wisata di panggung terbuka yang ada di sekitar pantai. Untuk fasilitas pariwisata, Pantai Krakal sudah memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai semisal rumah makan atau penginapan melati.

Yang patut diketahui juga, Pantai Krakal ini merupakan bagian dari mata rantai sejumlah pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, seperti Pantai Baron dan Pantai Kukup. Sementara itu, dari Yogyakarta sendiri, Pantai Krakal ini bisa dicapai dengan perjalanan darat selama kurang lebih sekitar 2-3 jam.

Selama perjalanan dari Yogyakarta, para turis yang akan menuju Pantai Krakal dijamin tak akan merasa bosan. Pasalnya, jalan berbukit dengan pemandangan hutan, bukit, dan pepohonan yang indah akan memanjakan mata.

Menyongsong fajar di Pantai Krakal
Pantai Krakal berbentuk landai. Pasir putihnya menghampar luas tak kurang sepanjang lebih dari 5 kilometer. Ingin melihat indahnya matahari terbit, para turis bisa datang ke pantai ini di pagi hari. Ombak di pantai ini juga cukup besar.

Banyak hal menarik yang bisa kita lakukan manakal berwisata ke Pantai Krakal ini. Panti Krakal, salah satu pantai indah yang dimiliki Indonesia. Selamat berwisata.

Gambar : http://blogspot.com, http://www.acicis.murdoch.edu.au

15 komentar:

  1. mantep pokoke gaaaan....ikan lautnya juga murah2 loooh,,,,slurp...

    BalasHapus
  2. kapan2 kesana deh

    BalasHapus
  3. indah ya kyaknya pgi2 brda d sna asyik ya...

    BalasHapus
  4. wiih ... kren banget ya, jadi pengen kesana ;)

    BalasHapus
  5. Di pantai Krakal boleh renang ga? Entar ditelan Ratu Kidul lagi?

    BalasHapus
  6. hoho .. mantap banget, indah nian

    BalasHapus
  7. Kalo di pantai selatan lebih baik jangan berenang. Bukan karena mitos, tapi karena kontur fisiologis pantai dan gelombang yang sering tinggi bisa mencelakakan kita. Kecuali yang sudah berpengalaman akan lain lagi ceritanya. :)

    Anyway, pantai krakal emang TOP. :)

    BalasHapus
  8. Pantai Krakal emang indah, dan di selatan Jogja memang banyak pantai2 baru yg indah untuk didatangi

    BalasHapus
  9. @ Anonim 1 & 2 : makasih komennya, asli keren, kapan2 wajib ke sana.

    @ eMingko Blog : berangkat kita mas bro..

    @ Stupid monkey : ke sanalah sob, deket kan

    @ Anonim 3 : waaaaa... bawa2 ratu kidul :)

    BalasHapus
  10. @ Rasimun Way : makasih pak :)

    @ I2-Harmony : Ini baru penjelasan yang nyambung .he.he.

    @ Yudhi : betul mas'e, saya kalo ke sana pas lebaran doang, waktu mudik.

    BalasHapus
  11. baru tau kalau foto fajar di pantai krakal begitu indah..kalau boleh tau..di pantai krakal ada penginapan enggak???

    BalasHapus
  12. @ anno ~ ada deh kayaknya, tapi masih sederhana. kalo mau penginapan yg bagus, mending cari di wonosari :)

    BalasHapus
  13. coba dech ke pantai2 yg lain jg pasti bagus... spt di siung,sundak, wediombo, low mau ke pasar ikan ya di pantai sadeng... TOp dech

    BalasHapus
  14. @ Anonim : oke... makasih infonya.. kapan2 mampir deh.

    BalasHapus
  15. Gambar 1.. Pantai krakal ada pasir yang landai/datar ya ?? Bagian mana?? aku ketemunya selalu naik dari air ke atas.
    Gambar 2.. Kalo matahari terbit, sunrise bukannya harusnya matahari disblah kiri pantai.. yang sebelah kanan biasanya sunset..
    Tapi sayang kemaren gak dapet foto2 sunrise.. langit mendung..

    BalasHapus