Selasa, 02 Agustus 2011

Mobil-mobil Canggih untuk Polisi

Sebagai institusi penegak hukum nomor satu, polisi wajib memiliki peralatan yang canggih dan memadai guna menjalankan tugas-tugasnya. Dan salah satunya yang tidak boleh dilewatkan adalah alat trasportasi atau kendaraan, khususnya kendaraan roda empat. Di sejumlah negara maju, mobil-mobil dinas polisi yang biasa bersliweran di jalan raya memiliki tenaga besar, kecepatan yang super, dan sudah pasti, harganya juga mahal.

Kita yang tinggal di Indonesia, juga tak perlu tertunduk lesu untuk masalah kendaraan operasional polisi kita. Pasalnya, mobil polisi Indonesia punya spesifikasi yang tak kalah canggih dengan armada kepolisian luar negeri. Berikut beberapa jenis mobil yang dijadikan kendaraan tugas para polisi kita.


Mitsubishi Galant V6

Polisi Indonesia punya Mitsubishi Galant sebagai salah satu armada dinasnya. Tak tanggung-tanggung, Galant yang dipunyai kepolisian Indonesia ini adalah Mistubishi Galant tipe V6-Single Turbocharge. Mobil ini memiliki spesifikasi mesin V6 – 6 silinder terbagi dua, masing-masing 3 dan dipasang menyudut hingga berbentuk huruf ‘V’.

Sedan Mitsubishi Galant yang dipakai kepolisian Indonesia ini memiliki kapasitas 3,0 liter dengan tenaga kuda sebanyak 402 HP. Tenaga ini mampu menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi dibanding Ferrari Modena yang hanya berkekuatan 396 HP.


Mazda 6

Mobil canggih lain kepunyaan polisi Indonesia adalah Mazda 6. Mobil yang berbanderol Rp 485 jutaan ini punya desain yang mewah dan sangar. Desain grill sarang tawon yang ada pada model terdahulu sudah ditinggalkan, Mazda 6 tampil lebih dinamis dengan grill whingship di antara logo Mazda.

Kesan sporty juga dimiliki mobil ini dengan sentuhan velg 17 inchi dan aplikasi Adaptive Front Lighting (AFS). Sementara itu, Mazda 6 mengusung mesin MZR 2,5 liter, DOHC, 16 valve dengan teknologi sequential-valve-timing (S-VT). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 167 HP dengan torsi 226 Nm. Mobil berkekuatan 2.500 cc ditugaskan untuk membantu polisi dalam menangkap penjahat atau menegakan ketertiban di jalan raya.  


Toyota Fortuner

Mobil Toyota Fortuner menjadi mobil dinas yang bisa dibanggakan oleh kepolisian kita ditilik dari segi kecanggihannya. Mobil jenis SUV yang punya dua tipe mesin ini, bensi dan diesel – hadir dengan fitur-fitur yang mewah, seperti system audio yang terkoneksi dengan Bluetooth, pengaturan kursi elektrik, dan tombol audio pada stir kemudi.

Untuk mesin, Toyota Fortuner tipe bensin hadir dengan mesin berkapasitas 2.7 liter. Sedangkan untuk mobil diesel, aka nada mesin baru berkekuatan 2.5 liter dengan teknologi variable nozzle turbo (VNT) intercooler seperti yang dimiliki Toyota Hilux.


Hyundai Sonata

Nah.. sedan yang satu ini menjadi mobil paling gress yang akan dimiliki kepolisian kita untuk urusan dinas. Hyundai Sonata, sedan asal Korea Selatan ini resmi menjadi mobil polisi Indonesia. Sebanyak 127 unit new Hyundai Sonata 2.000 manual akan dipakai oleh kepolisian Indonesia.

Hyundai Sonata yang dipasaran dihargai sekitar Rp 465 jutaan ini  memiliki kemampuan yang tak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya mobil berkapasitas 2.000 cc ini dilengkapi dengan mesin canggih Hyundai, Theta yang mampu mengeluarkan tenaga 162 HP.

Gambar: google

16 komentar:

  1. maaf, emang yg mitsubishi galant V6 mobilnya kaya gitu ya.
    perasaan gambar di atas itu mobil mitsubishi lancer evo X deh...,

    BalasHapus
  2. @ Scorponoks : iya kawan, makasih dah dikoreksi. nyari gambarnya susah juga, maklum boleh searching...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. @ Miki : barangkali, polisi punya alasan sendiri kenapa memilih mobil itu. tapi kalo dari segi efisiensi dana, ya memang banyak pilihan kendaraan atau mobil yang harganya lebih hemat.. makasih kunjungannya.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa2 bang miki, makasih dah mampir.

      Hapus
  6. Emang Pemborosan tuh pemerintah...coba buat ngurusin orang yg pengangguran..atau duitnya dikasih ke pengusaha2 kecil..bisa lebih bermanfaat....!!! Pemerintah skrg terlalu buta...ga peduli ama rakyat kecil!!!

    BalasHapus
  7. Well, kalo gw jujur ajah... tuh mobil polisi keren abis.. sampai-sampai, saya lihat pake mitsubishi lancer evo X, yang dibanderol 1,27 M. duit siapa tuh bos??? yah... udah pasti dari rakyat..... pajak mobil kita2.... Pemerintah tuh boros abis..... gaji puluhan juta ajah ga cukup katanya. posisi dan gengsi di mata luar negeri lebih penting daripada rakyat miskin yang cuma mampu makan singkong seminggu 3 kali... huh......

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau koreksi itu bukan mobil lancer evo x tapi lancer ex gt, sering banyak orang yang tertipu kalo itu lancer evo x karena bentuknya memang sangat mirip padahal sebetulnya bukan.

      Hapus
  8. polres sambas di satuan lalu lintas udah pake mobil hyundai sonata

    BalasHapus
  9. mobil gituan mah cuma dipake buat mejeng polisi indo aja...ngga sperti di negara lain yg benar-benar digunakan untuk patroli, penertiban lalu lintas

    BalasHapus
  10. Permisi,
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    Hubungi info lengkap: www.fastpaynasional.com
    Hp:081334560101

    BalasHapus
  11. harga daihatsu xenia bekas8 April 2014 14.01

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Daihatsu Xenia Bekas

    BalasHapus
  12. KAGAK COCOK POLISI INDO PADA PAKE MOBIL GITUAN. CMN BUAT MEJENG DOANG AMA TUH POLISI . DUIT JUGA DUIT KITA (RAKYAT).

    BalasHapus
  13. TAMBAHAN LG. TUH DUIT BELI MOBIL JUGA DUIT RAKYAT.. SEHARUSNYA PEMERINTAH BISA MIKIR. UTK MENGGANTI MOBIL POLISI DENGAN MOBIL YG BIASA SAJA...

    BalasHapus
  14. Mungkin polisi Indonesia iri dengan mobil kepolisian Dubai disana mewah bgt untuk mobil patroli nya karena dapat donatur dari pejabat setempat dengan berpatroli di sekitar gedung mewah para pejabat tsb.Aku juga gak ridho kalo duit rakyat di pake polisi indonesia buat beli mobil mewah patroli aja jarang aku stuju bgt uneg² dari Mas bro Miki Zulkifli Usman

    BalasHapus