Selasa, 23 Agustus 2011

Kue Lebaran, ya Kue Nastar



Bagi masyarakat Indonesia, lebaran juga identik dengan menyediakan banyak kue kering untuk para tamu. Kue-kue itu yang biasa disebut kue lebaran itu bervariasi macamnya, mulai dari kue kering buatan rumah sampai kue-kue kalengan buatan pabrik.

Bicara tentang kue lebaran, ada satu kue yang menarik perhatian saya. Setiap tahun, setiap hari raya Idul Fitri kue ini pasti ada.. ya, kue nastar namanya. Kue mungil berisi selai nanas ini hampir pasti tersedia di setiap rumah masyarakat Indonesia yang merayakan hari lebaran.

Tak banyak catatan yang saya temui, yang memberikan keterangan tentang kehadiran kue nastar di hari lebaran di Indonesia. Sepertinya, kue nastar sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia dalam merayakan lebaran, sama halnya dengan ketupat.

Kue nastar itu kebanyakan dibuat langsung oleh para pemilik rumah, khususnya oleh para ibu. Barangkali, kalau ada daftar kue apa saja yang akan dibuat untuk lebaran, kue nastar berada diurutan teratas. Pun begitu, bagi yang tak ingin repot, membeli kue nastar yang sudah jadi juga bisa dilakukan. Pasalnya, sekarang sudah banyak penjual kue yang menyediakan kue nastar sebagai salah satu produk dagangannya.

Membuat kue nastar menjelang lebaran merupakan sesuatu tradisi yang sepertinya harus dijalani. Kurang lengkap rasanya jika kue lebaran tidak ada kue nastarnya. Ada banyak versi cara membuat kue nastar dan juga banyak sekali macam-macam kue nastar, seperti nastar nanas, nastar keju, nastar kacang, nastar spesial, dan lainnya.

Gambar: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar