Rabu, 06 Juli 2011

Patung Singa Kebanggaan Singapura, Merlion


Singapura, negara tetangga yang tak jauh dari Indonesia ini seringkali dikunjungi masyarakat kita untuk sekedarberlibur dan berbelanja. Dan bicara tentang Singapura, tentu Anda juga akan teringat dengan sebuah patung singa yang menjadi simbol Negara itu.

Patung singa kebanggaan Singapura itu bernama Patung Merlion dan berada di sekitar kawasan Merlion Park. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata utama Singapura yang harus dikunjungi oleh para turis mancanegara. Ada beberapa tempat wisata yang juga berdekatan dengan Merlion Park ini yaitu Esplanade, Asian Civilisations Museum, Raffles Landing Site, Singapore Flyer dan yang terbaru adalah Marina Bay Sands.

Pada tahun 1964, Patung Merlion pertama kali dirancang sebagai lambang Singapore Tourist Promotion Board (STPB). Dan dengan segera, patung sang kepala singa berbadan ikan di atas puncak ombak itu segera menjadi ikon Singapura bagi dunia.

Patung Merlion memiliki arti sebagai berikut, kepala singanya melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di masa 11 M, seperti yang tercantum dalam “Sejarah Melayu”. Ekor ikan sang Merlion melambangkan kota kuno Temasek yang berarti laut dalam bahasa Jawa. Temasek itu sendiri adalah nama Singapura sebelum sang Pangeran menamakannya menjadi “Singapura” yang berarti Kota Singa dalam bahasa Sansekerta. Nama ini juga dipilih karena melambangkan kondisi awal Singapura sebagai perkampungan nelayan yang sederhana.

Dengan tinggi 8,6 meter dan bobot 70 ton, patung Merlion yang dirancang oleh Fraser Brunner, anggota panitia suvenir dan kurator di Van Kleef Aquarium ini dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura, Lim Nang Seng. Patung Merlion kedua yang lebih kecil, berukuran tinggi dua meter dan berbobot tiga ton, juga dibangun oleh Lim Nan Seng. Bagian badannya terbuat dari campuran semen, kulitnya dari pelat porselen dan matanya dari cangkir teh kecil berwarna merah.

Kediaman pertama Patung Merlion dan anaknya, “Cub”, berada di Singapore River, tepat di seberang Elizabeth Walk, hanya 120 meter dari lokasinya yang sekarang. Area yang juga disebut sebagai Merlion Park ini segera menjadi tempat atraksi wisata yang populer, dan menjadi salah satu tempat-tempat terkenal di kota-kota besar dunia.

Perdana Menteri Singapura saat itu, Lee Kuan Yew meresmikan upacara pemasangan Patung Merlion ini pada 15 September 1972. Sebuah prasasti perunggu mengabadikan peristiwa bahagia tersebut dengan tulisan, “Merlion ini didirikan sebagai lambang untuk menyambut semua pengunjung ke Singapura,”. Merlion Cub atau si Merlion kecil terletak 28 meter di belakang sang Merlion. Dipasang pula sebuah sistem pompa untuk Merlion dan anak Merlion, sehingga dapat menyemburkan air sepanjang hari.

Kini, Patung Merlion mampu menarik perhatian lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya. Para turis itu biasanya mengunjungi Merlion Park untuk sekedar mengambil foto ikon terkenal dunia ini di rumahnya yang baru, di samping One Fullerton, di sebuah taman seluas 2.500 meter. Dan di sekitar lokasi patung ini, para wisatawan juga akan menemukan banyak restoran yang menyediakan menu makanan lezat, lounge, dan klub dansa di tepi sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar