Rabu, 20 Juli 2011

Tiga Makanan Eksentrik dari Negeri Sakura


Negeri Matahari Terbit, Jepang juga punya banyak makanan yang istimewa. Makanan Jepang sendiri memang identik dengan bahan-bahan makanan mentah. Meski begitu, bukan berarti orang Jepang itu jorok karena makanannya yang tak dimasak. Konon, bahan-bahan makanan yang mentah itu memang sengaja dihidangkan untuk menjaga kualitas gizi agar tetap terjaga pada makanan tersebut.

Dunia kuliner Negeri Sakura cukup menarik untuk dijelajahi. Satu yang pasti, makanan Jepang juga punya rasa yang lezat, menggugah selera. Dari sekian banyak makanan Jepang, ada beberapa menu makanannya yang cukup unik. Keunikannya itu bisa dilihat dari sisi bahan baku makanannya. Berikut 3 menu Jepang yang agak eksentrik bahan bakunya.

Shirako, makanan Jepang yang mirip usus sapi
1.       Shirako

Shirako merupakan hidangan yang sangat popular di resto-resto Jepang dan sushi bar. Tampilan dan bahan baku makanan menjadi keunikan dari menu yang satu ini. Dari sisi tampilan, Shirako mirip dengan usus sapi yang dihidangkan di atas piring. Sementara dari bahan bakunya, Shirako dibuat dari bagian kelamin ikan jantan dan kantung yang berisikan sperma ikan. Bagaimana, mau coba?

Inago ni Tsukudani, dari belalang yang direbus
2.       Inago no Tsukudani

Makanan Jepang ini juga cukup nyeleneh. Bahan utama dari Inago no Tsukudani ini adalah belalang, yang diolah dengan cara direbus dengan tambahan kecap manis dan bumbu-bumbu khusus ala Jepang. Menu makanan ini termasuk makanan tradisional yang banyak dijumpai di pelosok pedesaan di Jepang, terutama di wilayah Yamagata, Nagano, dan Gunma. Barangkali, kalau di Indonesia, menu “belalang ala Jepang” ini bisa kita temui di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Hanya saja, belalang di Gunung Kidul itu tidak direbus, melainkan digoreng kering.

Basashi, olahan makanan dari daging kuda
3.       Basashi

Makanan unik dari Jepang yang ini, boleh dibilang cukup “sangar. Bagaimana tidak? Basashi terbuat dari olahan daging kuda. Makanan yang cukup popular di daerah Kumamoto, Nagano, Oita, dan Tohoku ini dihidangkan bersama irisan tipis sashimi. Selain makanan, basashi juga tersedia dalam bentuk es krim, yang sering dihidangkan sebagai makanan penutup… es krim dari daging kuda, seperti apa rasanya?

Gambar: google

2 komentar:

  1. makanan nya unik unik yach kalo orang jepang ,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih komennya. Tapi kalo orang jepang lihat makanan kita, pasti mereka juga bilang makanan orang Indonesia unik..hehehe..

      Hapus