Rabu, 20 Juli 2011

Tips Ringan Hilangkan Bau Kaki

Sepatu yang kita pakai boleh bagus modelnya atau juga mahal harganya, tapi siapa sangka begitu sepatu itu kita lepas, langsung keluar aroma tak sedap alias bau kaki. Nah, kalau sudah begitu, masalah namanya.

Sumber masalah dari bau kaki adalah keringat. Keringat itu sendiri sebenarnya merupakan campuran air dan garam sehingga tidak memiliki bau tertentu. Lalu kalau begitu, apa hubungannya keringat dengan bau kaki? Ternyata, bau tak sedap itu disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki hawa atau bauk yang kuat. Pun begitu, sebenarnya keberadaan bakteri pada kulit itu normal, hanya saja karena keringat bakteri yang ada jadi lebih banyak, karena keringat ada sumber makanan untuk bakteri-bakteri tadi.

Bagi yang punya masalah dengan bau kaki, saya punya beberapa tips sederhana yang bisa dipraktekan langsung untuk mengatasi masalah bau kaki.

1.       Sepatu dibungkus kertas koran

Simpanlah sepatu di tempat yang dingin selama semalam sambil dibungkus kertas koran dengan rapat. Kertas koran ini bisa menyerap bau yang ada di dalam sepatu.

2.       Masukan bubuk kopi ke dalam sepatu

Cara lain untuk menghilangkan bau pada sepatu adalah dengan memasukan bubuk kopi ke dalam sepatu. Agar tidak berantakan, bubuk kopi dibungkus saja pakai tisu, baru dimasukan ke dalam sepatu. Bubuk kopi punya aroma yang kuat untuk menghilangkan bau tak sedap.

3.       Taburi bagian dalam sepatu dengan soda kue

Ambil 1 atau 2 sendok teh soda kue dan masukan ke dalam sepatu, dan diamkan selama 1 malam. Tapi sebelumnya, pastikan dulu bagian dalam sepatu kering sebelum diberi soda kue. Jika sudah didiamkan, bersihkan soda kue itu dari bagian dalam sepatu, mudahnya bisa dengan cara menepuk-nepukan sepatu. Dengan soda kue ini, bau tak sedap pada sepatu bisa hilang.

Nah… cukup mudah bukan cara-cara yang saya sampaikan. Bahan-bahannya juga pasti ada di rumah kita. Kalau dari pembaca sekalian punya tips lain untuk mengatasi bau kaki, bisa juga ikut berbagi informasi di blog saya ini.

Gambar: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar