Kamis, 21 Juli 2011

Hyundai Sonata, Big Sedan yang Progesif

Sebagai langkah meramaikan pasar kelas “sedan besar” di tanah air yang sebelumnya didominasi oleh Toyota, Honda, dan Nissan, PT Hyundai Mobil Indonesia resmi meluncurkan sedan anyarnya, Hyundai Sonata. Tampilan yang lebih modern, desain ala Hyundai Sonata ini disebut sebagai "fluidic sclupture".

Hyundai Sonata tampil lebih segar meski berbekal konsep sedan tradisional dengan empat pintu. Lis Krom dari ujung lampu dengan hingga bagian pilar C serta posisi hendel pintu dengan ketinggian yang berbeda menjadi detail unik sekaligus langkah berani dari mobil Hyundai yang satu ini.

Kesan mewah tak hanya terlihat di  luar, dari dalam kabin Sonata, kesan elegan juga turut tersedia. Kokpit Sonata terkesan mahal dan berteknologi berkat dukungan banyak lampu, layar digital, climate control interface seperti bentuk manusia. Meski punya banyak tombol, siapapun yang duduk di kursi pengemudi akan cepat beradaptasi dengan Hyundai Sonata.

Sonata menyediakan ruang kaki yang lapang, dengan dimensi panjang 4.820 mm dan wheelbase 2.795 mm. Ruang kepala Sonata pun cukup luas dan tinggi, penumpang dengan tinggi 185 cm masih bisa duduk dengan nyaman di sedan ini.

Hyundai Sonata untuk Indonesia hadir dengan mengandalkan mesin 4 silinder 2.362 cc DOHC plus teknologi kebanggan Hyundai - CVVT atau Continuosly Variable Valve Timing. Mesin Sonata ini sanggup mengeluarkan tenaga 178 dk di 6 ribu rpm, dan torsi puncak 228,49 Nm pada 4 ribu rpm. Kehebatan mesin Sonata ini juga bisa langsung dirasakan manakala pedal gasnya yang bermodel organ disentuh sedikit, mesin Sonata langsung meraung dan siap berlari.

Untuk bersaing dengan sedan yang selevel seperti Toyota Camry, Sonata punya nilai jual yang lebih terjangkau. Di Indonesia, Sonata yang mulai diperkenalkan Juli 2011 ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 465 jutaan. Hyundai Sonata tersedia dalam 3 pilihan warna, yakni silver, hitam, dan putih. Hyundai Sonata ini dikabarkan juga akan turut meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 akhir Juli ini. 
Gambar: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar