Jumat, 29 Juli 2011

Makanan Khas Bulan Puasa Ala Indonesia


Menjelang Ramadhan 1432 H yang sudah di depan mata, suasana ibadah puasa sudah mulai terasa, termasuk di lingkungan saya. Ibu dan istri saya di rumah sudah mulai berbelanja sejumlah bahan makanan, buah-buahan, dan sayur-mayur untuk persiapan sahur dan buka puasa nanti. 

Bicara tentang makanan selama Ramadhan, dalam benak saya langsung terlintas kolak, es buah, kurma, atau kolang-kaling. Makanan dan minuman itu setiap tahun selalu saya temui di saat bulan puasa tiba. 

Tapi, tahukan Anda jika di kota-kota lain di Indonesia, bukan cuma kolak atau kurma yang menjadi makanan khas bulan puasa atau Ramadhan, masih banyak makanan khas Ramadhan yang sepertinya enak dan wajib dicoba. Penasaran… ini di beberapa di antaranya.

Ketan kicak khas Jogja
Kicak, Yogyakarta

Yogyakarta tak banyak memiliki makanan khas Ramadhan. Tapi satu yang cukup populer adalah kicak. Panganan yang terbuat dari ketan ini hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan saja, bahkan adanya cuma di daerah Kauman. Rasa kicak yang manis dan gurih terasa nikmat saat disantap ketika berbuka puasa.

Pakat, rotan muda sebagai sajian menu buka puasa
Pakat, Tapanuli Selatan

Makanan khas untuk berbuka puasa juga dimiliki oleh masyarakat Tapanuli, Sumatera Utara. Adalah pakat, makanan yang berasal dari potongan bagian dalam rotan muda yang dibakar. Untuk menambah kelezatnnya, rotan muda ini kemudian ditaburi dengan santan kelapa serundeng. Pakat sudah menjadi makanan khas untuk berbuka puasa sejak lama, makanan ini juga sudah menjadi tradisi terutama bagi warga Tapanuli Selatan. 

Es Kopi Luwak, Lampung Barat

Bertandang ke Kabupaten Lampung Barat, di bulan Ramadhan, kita akan menjumpai minuman spesialis untuk berbuka puasa, yakni Es Kopi Luwak. Es kopi dengan rasa yang nikmat ini diyakini bisa mengembalikan stamina yang sedikit turun setelah seharian berpuasa. Kopi luwak biasa disajikan seperti layaknya kopi hanya sedikit ditambah es batu yang dihaluskan dan madu.

Gulai Siput, Tanjungpinang

Gulai siput ini merupakan makanan khas Tanjungpinang, Kepuluan Riau yang hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan. Menu yang dihidangkan sebagai lauk saat berbuka puasa ini banyak digemari oleh masyarakat setempat karena rasanya yang gurih dan lezat. 

Sotong pangkong sebelum diolah
Sotong Pangkong, Pontianak

Selama Ramadhan, warga Pontianak, Kalimantan Barat selalu menyediakan Sotong Pangkong sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Sotong Pangkong adalah menu olahan cumi kering yang dibakar. Uniknya lagi, setelah dibakar cumi atau sotong tadi dipukul-pukul dengan palu. Sotong Pangkong punya rasa yang gurih. 

Makanan khas Ramadhan dari Banten, ketan bintul
Ketan Bintul, Serang

Dari Kota Serang, Banten, salah satu makanan khas yang cuma ada di bulan Ramadhan adalah ketan bintul. Ketan bintul ini berbahan baku nasi ketan yang dihaluskan, yang disajikan bersama sepotong daging sapi berikut gulainya. Konon, kehadiran ketan bintul sebagai menu Ramadhan ini sudah dimulai sejak berabad-abad yang lalu, dan dahulu kentan bintul ini menjadi makanan kesukaan para raja Banten.

Sate Susu, Denpasar

Bergeser ke Indonesia bagian tengah, tepatnya ke kota Denpasar, Bali, kita akan berjumpa dengan sate susu yang merupakan makanan khas bulan Ramadhan di sana. Sate susu ini memang terdengar agak nyeleneh, tapi sesungguhnya sate susu yang terbuat dari payudara sapi ini dipercaya punya khasiat untuk menambah stamina, seperti minum susu. Untuk menambah kenikmatannya, sate susu akan dihidangkan bersama sambal plecing.

Nah... itulah sedikit dari sekian banyak menu spesial Ramadhan yang ada di negeri tercinta ini. Kalau di kota Anda, kira-kira apa saja ya menu atau makanan khas yang cuma ada di bulan puasa?

Gambar: google

2 komentar:

  1. hmmmm enak tenannnnn. jadi ngiler pengen segera puasa.

    BalasHapus
  2. ... yah, puasanya aja belum mulai. he..he..he..

    BalasHapus