Selasa, 02 Agustus 2011

Olahraga Saat Berpuasa, Kenapa Tidak?


Meski sedang berpuasa, tidak makan dan tidak minum, bukan berarti kita harus bermalas-malas diri dan menjauhi segala aktivitas yang biasa kita lakukan, berolahraga misalnya. Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh kita sesungguhnya masih menyimpan cadangan energi, jadi jangan khawatir kita akan menjadi lemas atau pingsan jika berolahraga.

Dengan berolahraga ringan saat berpuasa, kita justru dapat menghilangkan rasa malas, lesu, dan juga mengantuk. Sebaliknya, tubuh terasa lebih segar. Proses ini bisa terjadi karena cadangan energi kita tadi dipakai untuk berolahraga, sehingga lemak dapat diubah menjadi glukosa – yang meningkatkan kadar gula. Inilah yang membuat kita kembali bersemangat setelah berolahraga.

Porsi olahraga yang kita lakukan selama berpuasa tentu berbeda dengan hari-hari dimana kita tidak berpuasa. Kalau pada biasanya kita berolahraga seminggu 3 kali,  maka di bulan puasa bisa dikurangi menjadi 2 kali seminggu. Dan sebagai pembuka untuk menyesuaikan kondisi badan, olahraga sebaiknya dimulai dengan yang ringan semisal berjalan kaki.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga selama berpuasa? Waktu paling tepat untuk berlahraga di saat puasa adalah setengah atau 1 jam sebelum tiba waktu berbuka. Soalnya, di waktu ini kita tidak akan menunggu terlalu lama untuk mengisi kembali cairan tubuh yang sudah terbuang melalui keringat ketika berolahraga.  

Gambar: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar