Rabu, 01 Februari 2012

Wisata Korea, Festival Api Jeongwol Daeboreum

Festival api Jeongwol Daeboreum di Pulau Jeju, Korea
Kali ini saya ingin kembali bercerita tentang wisata Korea yang menarik. Dan di bulan Februari ini, ada satu festival yang akan berlangsung, yakni Festival api Jeongwol Daeboreum yang akan dilangsungkan di Pulau Jeju. 

Tahun ini, festival yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Jeju Jeongwol Daeboreum Fire Festival itu akan digelar pada 2 sampai 4 Februari. Kali ini, tema festival mengusung “Perdamaian dan kemakmuran Jeju, untuk kedamaian dan kebahagiaan”.

Festival api Jeongwol Daeboreum berasal dari tradisi kuno masyarakat Korea, yaitu membakar ladang yang sudah dipenuhi ilalang dengan tujuan untuk membasmi hama. Kebiasaan membakar ladang ini biasanya dilakukan menjelang masa tanam untuk bibit-bibit yang baru.

Festival api Pulau Jeju, salah satu festival budaya Korea
Di masa kini, festival api ini dikemas dengan modern dan tentu saja menarik. Di hari pertama festival, akan diadakan pertunjukan laser yang kemudian diikuti dengan parade obor. 

Di hari berikutnya, permainan rakyat tradisional khas Korea akan ditampilkan, contohnya adalah yutnori yang merupakan papan permainan tradisional yang dimainkan dengan melempar empat tongkat kayu. Kemudian, ada juga permainan juldarigi yang merupakan permainan tentang peperangan.

Di hari terakhir dari Jeju Jeongwol Daeboreum Fire Festival, acara puncak yakni pembakaran ladang akan dilakukan. Namun sebelum itu, akan diadakan pertunjukan kembang api di as Oreum, sebuah sebuah gunung berapi parasit.

Sementara itu, ada juga lho acara-acara lain yang tak kalah seru selama festival api ini berlangsung. Misalnya saja akan ada sesi meramal, perjalanan naik gunung, ataupun festival kuliner, yang juga menampilkan sup kacang merah Korea yang populer itu.

Ehmm, bagaimana menarik bukan? Sebuah festival budaya yang unik. Informasi selengkapnya mengenai festival ini bisa dilihat di halaman www.visitkorea.or.kr. Selamat berwisata.

Gambar : www.visitkorea.or.kr,

10 komentar:

  1. Wah, mas aji ini korea lover ya? Saya liat postingannya banyak korea-korea gitu... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.. bisa aja, Korea Lover. Saya suka aja sama wisata Korea, kayaknya bagus banget.. Indonesia juga bagus lho. Makasih kunjungannya ya :)

      Hapus
  2. korea memang banyak budayanya ya. khusus pulau jeju ini ane pernah memposting monumen lucu yang digagas oleh blogger korea selatan.. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kunjungannya gan.. wisata Korea emang seru.

      Hapus
  3. penggemar korea nih... tau banyak budaya Korea ya?

    blogwalking ya dari review-newgadget.blogspot.com mohon kunjung balik dan follow blog saya ya, thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahunya cuma sedikit.. itu juga karen internet.
      Makasih kunjungannya, nanti visit balik.

      Hapus
  4. sudah lewat ya mas, tapi tentunya keren banget tuh Festival Api Jeongwol Daeboreum.... menakjubkan. Oya kalo di hari valentine ini kira-kira ada vestival apa ya mas di Korea ???? oya kayaknya suka Korea ya mas?? udah "like" di Fanpage " Korea Tourism Organization Indonesia belum? disana banyak info loh seputar Korea..salam ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,, udah gabung sama fanpage itu...
      malah udah sering ikutan kuisnya, tapi belum pernah menang ..hehehehe..

      Hapus