Jumat, 04 November 2011

Aneka Menu Idul Adha

Selamat Idul Adha 1432 H
Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Minggu, 6 November lusa akan jatuh sebagai hari lebaran haji, 10 Dzulhijah 1432 H. Di sekitaran Jakarta, sejak beberapa minggu lalu sudah bisa kita lihat ada begitu banyak pedagang hewan kurban. Kambing, sapi, dan domba menjadi komoditi utama para penjual hewan kurban tadi.

Bicara tentang Idul Adha, berarti juga bicara tentang berbagi. Bagi seorang muslim yang mampu, akan diwajibkan kepadanya untuk berbagi sedikit kebahagiannya kepada orang-orang yang kurang beruntung. Dan pada kesempatan Idul Adha ini, berbagi disimbolkan dengan berkurban hewan dan membagikan dagingnya kepada orang lain, terutama fakir miskin.

Idul Adha juga boleh kita rayakan dengan hati gembira. Buat yang berkecukupan, sudah pasti tak akan dapat daging kurban, karena bukan haknya juga kan? Tapi, kalau sekedar daging kambing atau sapi, kita juga bisa membelinya sendiri di pasar atau supermarket.

Merayakan Idul Adha, biasanya yang terlintas adalah menu serba kambing. Begitu juga di lingkungan keluarga saya di rumah, setiap tahun, ketika hari raya kurban datang kami juga ikut merayakannya dengan menyediakan beberapa macam menu kambing seperti sate atau gulai daging kambing.

Menurut pendapat saya, daging kambing ibarat primadona di Idul Adha. Banyak masyarakat Indonesia yang memasak hidangan serba kambing selama lebara haji. Saya sendiri punya beberapa catatan seputar menu daging kambing di Idul Adha.

Sop Kambing

Sedapnya sop kambing
Menu ini cukup populer ketika Idul Adha tiba. Kebanyakan ibu-ibu rumah tangga di Indonesia bisa membuat makanan yang satu ini. Kuah yang segar ditambah dengan potongan daging kambing yang empuk, dijamin akan semakin membuat ramai perayaan Idul Adha.

Tongseng Kambing

Pedas panas tongseng kambing
Sama seperti sop kambing, tongseng juga lumayan digemari masyaraka kita. Kalau di hari biasa, banyak juga kok penjeja sate kambing yang juga menyediakan menu tongseng ini. Tongseng juga berbahan dasar daging kambing, yang rebus bersama kuah dan bumbunya. Tongseng ini makin sedap jika disantap selagi hangat plus sedikit pedas, ehmm… dijamin bikin keringatan.

Sate Kambing

Sate kambing bumbu kecap
Nah, kalau yang satu ini gak terlalu susah buatnya. Biasanya, kalau di tempat saya, bapak-bapak atau para remaja prianya yang kompakan membuat sate kambing. Asalkan ada dagingnya, tinggal cari batang bambu kemudian diserut untuk dijadikan tusuk satenya. Kalau semuanya sudah siap, tinggal panaskan arang dan bakar deh satenya. Untuk bumbunya, tinggal piliha saja sesuka hati, mau bumbu kecap atau bumbu kacang. Sate kambing, dijamin laziz.

Tiga menu ini adalah menu umum yang biasa hadir di lingkungan keluarga saya ketika hari raya Idul Adha tiba. Tapi, saya rasa masih banyak kok menu olahan daging kambing lainnya yang gak kalah enaknya.  Oiya, tapi ingat.. ketika menikmati aneka masakan daging kambing yang serba enak ini, jangan smapai berlebihan. Jaga juga kesehatan. Maksudnya jangan terlalu banyak makan daging kambing, awas darah tinggi dan kolesterol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar