Kamis, 24 November 2011

Pelajari dan Menikmati K-pop

K-pop girls band, Girl's Generation atau SNSD
Beberapa tahun terakhir ini, budaya Asia Timur terutama dari Korea kian populer di Indonesia. Sebenarnya sih, kalau saya nggak salah ingat, sudah ada kok drama Korea yang ditayangkan di salah satu stasiun TV Indonesia pada periode 90an. Drama itu cukup menarik banyak perhatian, dan banyak remaja kita yang suka dengan artis-artis Korea yang tampil di serial drama tadi.

Nah, kalau sekarang, selain drama, Korea juga ‘menyerbu’ Indonesia dengan hiburan musiknya, terutama yang kita kenal dengan sebutan K-pop atau Korean pop. Sejumlah grup band atau penyanyi asal Korea sering nongol di layar TV kita. Kemudian, banyak juga kontes-kontes ala K-pop yang diadakan oleh mall-mall, kampus-kampus, atau sekolah-sekolah.

Di antara teman-teman mungkin pernah dengar yang namanya Girl’s Generation. Ya betul, Girl’s Generation ini merupakan salah satu grup musik wanita alias girls band asal Korea Selatan yang beranggotakan 9 wanita muda nan cantik. Di kalangan para penggemarnya, grup ini sering juga disebut dengan nama SNSD atau So Nyeo Shi Dae, ini nama grup ini dalam bahasa Korea lho. Beberapa lagu mereka yang populer di Indonesia di antaranya Way To Go dan Kissing You. Kalau penasaran, coba lihat dulu nih video mereka.


Gimana penampilan Girl’s Generation di video klip di atas, baguskan? Nah, di antara teman-teman pasti juga pernah dengar dong lagu yang sepenggal syairnya berbunyi “nobody.. nobody but you, nobody.. nobody but you,”. Kalau lagu yang ini judulnya Nobody, penyanyi juga girl band asal Korea, Wonder Girls. Anggotanya, juga cewek-cewek muda dengan wajah cantik dan tubuh yang aduhai. Nih videonya kalau penasaran juga.


Contoh artis K-pop saya tulis dua aja ya, soalnya banyak banget sih. K-pop hadir di Indonesia sebagai sebuah hiburan baru, terutama juga di industri musik. Sedikit banyak, K-pop juga mempengaruhi industri musik di tanah air. Belakangan ini, kita semua kan tahu, banyak bermunculan grup-grup boys band or girls band Indonesia. Mereka juga bergaya ala K-pop dengan lagu-lagu yang enerjik, juga dengan tampilan fisik yang bagus dan wajah yang cantik dan rupawan. Kalau contohnya, gak usah saya tulis ya, teman-teman juga sudah pada tahukan.

Menurut saya, K-pop memang fenomenal. Tidak hanya eksis di negerinya sendiri, tapi juga sukses sampai ke luar negeri alias go international. Yang jadi catatan saya, kebanyakan artis K-pop memiliki fisik yang bagus, wajah yang cantik dan tampan plus lagu-lagu yang juga enak didengar. Kemudian juga, soal gaya, boleh dibilang artis K-pop gak ada matinya. 

Saya sendiri sih tidak begitu akrab dengan K-pop, cuma sepintas saja tahunya. Tapi kalau artis-artis musik kita bisa belajar dari K-pop, bukan tak mungkin musik Indonesia akan semakin populer di dunia internasional. Sebagai warga negara yang baik, tentu saya juga ingin melihat musisi-musisi Indonesia dan karya-karyanya bisa semakin dikenal banyak orang, bahkan hingga ke manca negara. Ujung-ujungnya juga akan menimbulkan rasa kebanggaan kepada bangsa.    

K-pop girls band, KARA
 
Gambar : http://wordpress.com, http://blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar