Jumat, 18 November 2011

Menikmati Sunyi di Pulau Cubadak

Pulau Cubadak dengan pantainya yang indah
Berwisata ke Sumatera, tak puas rasanya jika belum singgah di Pulau Cubadak. Pulau yang masih memiliki hutan lebat dan sejumlah satwa liar ini merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil di kawasan lepas pantai Sumatera Barat. Bersama Mentawai, Pulau Cubadak ini sudah mulai digarap dan dipromosikan sebagai destinasi wisata dalam negeri yang apik dan indah.

Pulau Cubadak yang juga menjadi salah satu andalan wisata Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumatera Barat ini memiliki luas wilayah sekitar 5.749 km persegi, dengan panjang pantai mencapai 218 km.

Keunggulan Pulau Cubadak adalah eksotisme alamnya. Jika Mentawai adalah surga bagi para peselancar, maka Pulau Cubadak adalah surga bagi para penyelam karena kawasan laut di sekitar pulau ini memiliki terumbu-terumbu karang yang indah diselingi ribuan ikan hias cantik berwarna-warni.

Dari bukit memandang ke pantai Pulau Cubadak
Di pulau ini juga, teman-teman sekalian bisa menenangkan diri sekaligus memanjakannya dengan berjemur sembari menikmati segarnya buah kelapa muda. Kemudian, bisa juga menikmati keindahan pantai dengan menyusurinya dan sesekali memungut kerang yang terdampar di tepi pantai karena tersapu ombak.

Yang menarik dari Pulau Cubadak ini juga adalah wisatawan yang datang ternyata lebih banyak turis asing, terutama dari Jerman. Kabarnya, itu dikarenakan pernah ada salah satu stasiun TV Jerman yang membuat film dokumenter tentang Pulau Cubadak ini. 

Dan alhasil, film dokumenter itu sukses membuat banyak warga Jerman penasaran akan Pulau Cubadak, dan menyempatkan diri untuk berwisata langsung ke pulau ini. Pulau Cubadak tidak terlalu ramai, pesonanya tak kalah dengan Bali atau Lombok. 

Pulau Cubadak menyuguhkan hamparan langit dan laut biru beriring putihnya pasir pantai
Dari pesonanya itu juga, sebuah majalah wanita Jerman yang bernama Bild de Rau membuat tulisan tentang Pulau Cubadak dengan tajuk Pulau Tersenyap di Dunia. Itu karena keheningan dan kedamaian yang didapat dari Pulau Cubadak.

Pulau Cubadak barangkali belum terlalu kita kenal sebagai salah satu objek wisata nasional yang menarik. Padahal, seperti yang sudah saya sampaikan tadi, pulau ini tak kalah indahnya dengan Bali atau Lombok. Paduan olahraga air dan keheningan alam sepertinya akan melahirkan kerinduan bagi mereka yang pernah berkunjung ke pulau ini.

Oiya, Pulau Cubadak ini sendiri tepatnya berada di 24 mil lepas Pantai Padang. Untuk bisa sampai ke pulau ini, teman-teman sekalian bisa menumpang perahu dari Pantai Padang tadi. Kemudian, bagi yang ingin bermalam di pantai ini, bisa juga memanfaatkan resort-resort sederhana yang ada. Ehmm.. bagaimana, menarik bukan? Selamat berwisata.

Gambar : http://www.maxx-m.com, http://www.panoramio.com, http://deviantart.net

13 komentar:

  1. Boleh juga pemandangannya indah.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  2. ternyata masih banyak tempat di indonesia yang belum terexplore dan memang potensi jadi tempat wisata ya.

    BalasHapus
  3. Bagus banget, jadi kepengen...Cuma karena berada didekat P.Mentawai, khawatir dengan gempa susulan. Kapan ya, bs ketempat-ketempat wisata spt itu, pengen banget rasanya, paling nggak seminggu aja geto...Atau kita adakan pertemun bersama yok, dari para viva members, gimana kawan2 lainnya, setuju nggak??

    BalasHapus
  4. @ Efri : boleh banget pak ..he.he..

    @ Ejawantah : aseli endah, sukses juga pak.

    @ SM : betul sob, pulau2 Indonesia banyak yang punya potensi wisata menarik. tapi ya gitu deh, terkendala sama pengelolaan atau pengembengan.

    @ alkindi : liburan ke sana seru juga sih. buat usulannya, boleh juga ditindak lanjuti he.he.he. buat proposal ke vivanews biar disponsori (..ha.ha. ngarep.com)

    BalasHapus
  5. again n again, orang bule malah yang tau duluan kita punya objek wisata seindah ini..ckckkckckkk...

    BalasHapus
  6. Kunjungan balik y gan ^^
    Thx infonya

    http://4share-information.blogspot.com

    Salam blogger Indonesia
    Jangan lupa komentarnya ^^
    Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

    jangan lupa follow jga ^^
    ( bila berkenan )
    Atau subscribe
    Pastinya akan saya foll back / subscribe back
    Happy blogging and selalu berkunjung

    BalasHapus
  7. @ adeline : ya gak apa2lah. mending kita tahu belakangan, daripada gak tahu sama sekali.

    @ anime : sip, nanti mampir deh. makasih kunjungannya ya.. salam kenal.

    BalasHapus
  8. setau saya di pulau cubadak ini cuma ada satu resort yg dikelola org italia dan mahal. Dan gak bisa sembarangan masuk pulau ini kecuali bayar.

    BalasHapus
  9. @ immi : sekarang sudah banyak kok, walaupun yang model-model kelas melati. salam kenal ya..

    BalasHapus
  10. boleh tanya info atau contact resort yg di cubadak itu ga? pengen kesana juga nih.. ;D
    selain paradiso village,hehe

    BalasHapus
  11. @ anakmagang - dicari dulu ya, sementara coba kamu search dulu via internet :)

    BalasHapus
  12. Bisa kasi info travel atau akomodasi lain ,, pihak2 yg bisa di hubungi utk kasana ???? mkasi :)

    BalasHapus