Senin, 26 Desember 2011

Wisata Alam di Dataran Tinggi Dieng

Kawasan wisata dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah
Penyuka wisata alam terbuka wajib berkunjung ke lokasi wisata dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Dataran yang juga tersohor dengan nama Dieng Plateu ini sebagian berada di bagian Kabupaten Wonosobo, dan bagian lainnya ikut dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Pusat wisata dataran tinggi Dieng mempunyai banyak objek wisata alam dan budaya yang menarik. Lokasi masing-masing objek wisata tadi juga saling berdekatan, sehingga memudahkan para turis yang berkunjung ke Dieng.

Berikut adalah beberapa objek wisata alam yang ada di kawasan wisata dataran tinggi Dieng.

Arung Jeram Sungai Serayu

Wisata arung jeram di Sungai Serayu
Penggemar olahraga air, terutama arung jeram akan ditantang untuk menaklukan derasnya arus Sungai Serayu sepanjang 12 km. Sungai Serayu dengan arus liarnya, dijamin akan membuat jantung para penyuka arung jeram berdetak cepat. Di sekitar lokasi arung jeram, juga tersedia pusat cindera mata dan oleh-oleh lainnya, khas Dieng terutama Sungai Serayu.

Kawah si Kidang

Lokasi ini merupakan salah satu lokasi wisata di Dieng yang cukup banyak menarik perhatian para turis. Di sini, para turis bisa melihat langsung kawah aktif, dengan semburan lava dan kepulan asap tebal dari dataran tinggi Dieng. Lubang kawah tampak jelas terlihat, dengan material air dan lava berwarna kelabu.  

Kawah si Kendang

Kawasan ini berada di tepi Telaga warna. Dan sayup-sayup, kawah ini bisa memunculkan suara seperti suara kendang atau gendang. Cukup unik dan menarik memang Kawah si Kendang ini. 

Objek Wisata Mrica

Bendungan Panglima Besar Soedirman di manfaatkan sebagai objek wisata air yang satu ini. Di sini, para turis bisa berkeliling atau juga memancing di waduk dengan menggunakan perahu. Sementara itu, di tep waduk, para turis bisa menikmati bermacam pertunjukan yang tersedia di panggung hiburan. Untuk pengunjung anak-anak, disediakan juga fasilitas arena bermain yang dilengkapi dengan kereta mini.

Argowisata Tambi

Hamparan kebun teh di kawasan Argowisata Tambi, Dieng
Terhampar luas di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian antara 1200 sampai 1500 di atas permukaan laut. Di lokasi ini, para turis bisa menikmati segarnya udara Dieng, dengan kisaran suhu antara 15 – 24 derajat Celcius sembari memandang hijaunya perkebunan teh. Di lokasi ini juga terdapat fasilitas pariwisata yang cukup memadai, seperti penginapan, taman bermain, lapangan olahraga, dan kolam pemancingan.

Taman Margasatwa Serulingmas

Aneka satwa yang dilindungi bisa dilihat langsung di taman marga satwa ini. Kemudian juga, di taman rekreasi ini memiliki fasilitas kolam renang, panggung hiburan, dan arena bermain untuk anak-anak. 

Telaga Menjer

Telaga Menjer
Telaga ini merupakan telaga alam terluas yang ada di Kabupaten Wonosobo. Telaga ini memiliki luas tak kurang dari 70 hektar dan berada pada lokasi ketingging 1300 di atas permukaan laut. Telaga alam Menjer ini tepatnya berada di Desa Maron, sekitar 12 kilometer sebelah utara dari Wonosobo.

Tuk Bimolukar

Dalam bahasa Indonesia, ‘tuk’ bisa diartikan sebagai mata air. Dan kawasan wisata yang satu ini sendiri memang merupakan sebuah mata air dengan pancuran yang terbuat dari batu purba. 

Gambar : http://blogspot.com, http://tribunnews.com, http://wisatamelayu.com

14 komentar:

  1. waduh jadi pengen wisata ini gan hahaha

    BalasHapus
  2. belum pernah ke dieng, cuma baru denger ceritanya aja.. kapan2 mau juga jalan2 ke sini

    BalasHapus
  3. kayaknya saya mau milih wisata arum jeram aja mas,,, Full advanture... keren

    BalasHapus
  4. Bagus sekali pemandangannya. Kalau mau kesana dari jakarta gimana caranya ya?

    BalasHapus
  5. Wonosobo memang kota yang indah sob, saya seringkali kesana sekedar untuk mendaki sindoro atau sumbing, nice post ;)

    BalasHapus
  6. @ ockta : berangkatlah.. lagi liburan kan sekarang ini? .he..he..

    @ Muhammad Gustavie : wah, mesti mampir kalo ada kesempatan. makasih kunjungannya.

    @ jamal lewinsky : awas masuk angin, soalnya di sana dingin, kalo main air nanti tambah dingin.... hihihihi..

    @ ikaisone : wah pajang nih jawabnya, kalo naik mobil pribadi gak usah dijelasin ya.. lihat peta aja, nanti juga ketemu -hehehe- tapi klo naik angkutan umum :

    Transportasi menuju Dieng (dari Jakarta):

    Dengan kereta -> Turun Purwokerto, lanjut ke terminal Purwokerto dengan angkutan umum. Dari terminal naik bus jurusan Wonosobo. Dari wonosobo ada minibus jurusan Wonosobo – Dieng – Batur (Wonosobo-Dieng kurang lebih 30km, 45 menit) turun di pertigaan Dieng Plateu pas di depan hotel bu Jono. Ongkos sekitar Rp 8.000 - Rp 10 ribu per orang.

    Dengan Bus: Naik bus jurusan Jakarta – Wonosobo, turun di terminal Wonosobo, selanjutnya seperti di atas.

    @ Stupid monkey : anak gunung nih... mantap2 hehehe...

    BalasHapus
  7. foto terakhir paling kereeennn...

    BalasHapus
  8. @ annosmile ~ makasih :) hehehe

    BalasHapus
  9. Mas @Aji Prast terimakasih atas ulasannya yang menarik tentang Daerah kami.kapan berkunjung lagi ke dieng semoga berkenan mampir ke gubug kami(baca:homestay) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama. Terima kasih buat tawarannya. Kalau ada kesempatan, pasti mau juga ikutan homestay hehehehe...

      Hapus
  10. Dieng Plateau sangat luarbiasa eloknya, heemn very amazing
    Good Articles

    BalasHapus
  11. ajiiiiiiiibbbbb banged, pengen ke sini, wajibbbb nih ke Dieng Plateau

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an kesampaian sob.. makasih kunjungannya :P

      Hapus