Kamis, 10 November 2011

Kisah Sriwijaya di Pembukaan SEA Games


Jumat, tanggal 11 November esok merupakan hari pembukaan SEA Games XXVI. Pembukaan perhelatan olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara ini akan dilakukan di Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. 


Dari banyak berita di berbagai media massa, disebutkan jika pembukaan SEA Games kali ini akan berlangsung sangat meriah. Dan yang lebih membanggakan lagi, kisah kejayaan Kerajaan Sriwijaya di masa lampau akan menjadi tema utama dari pembukaan SEA Games ini.


Kerajaan Sriwijaya sendiri merupakan salah satu kerajaan Budha terbesar yang pernah berdiri di bumi nusantara ini. Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Sumatera Selatan berdiri sekitar abad ke-7 sampai 11. Wilayah kekuasaannya meliputi sebagian besar Asia Tenggara, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, Thailand, Vietnam, Filipina, hingga Kamboja.

Penari cantik membawakan Tari Gending Sriwijaya
 Nah, kembali ke event pembukaan SEA Games, ada satu tari yang membesarkan kejayaan Sriwijaya. Tari yang satu ini sepertinya juga akan tampil pada pembukaan SEA Games, tari itu adalah Gending Sriwijaya.

Di kala ku merindukan keluhuran dulu kala
Kutembangkan nyayian lagu Gending Sriwijaya
Dalam seni kunikmati lagi zaman bahagia
Kuciptakan kembali dari kandungan Sang Maha Kala
Sriwijaya dengan Asmara Agung Sang Maha Guru
Tutur sabda Dharmapala Sakya Khirti Dharma Khirti
Berkumandang dari puncaknya Siguntang Maha Meru
Menaburkan tuntunan suci Gautama Budha sakti

Kutipan syair di atas merupakan potongan lirik lagu yang mengiringi Tari Gending Sriwijaya. Tiap-tiap baitnya menyampaikan keluhuran, kebesaran Sriwijaya dan kebahagiaan masyarakatnya.

Salah satu gerakan Tari Gending Sriwijaya
Salah satu tari kebanggaan Indonesia ini dibawakan oleh 9 penari muda nan cantik, dengan balutan busana adat khas Sriwijaya yakni aesan gede, selendang mantra, paksangkong, dodot, dan tanggai. Ke-9 orang ini merupakan penari inti yang dikawal dua penari lainnya, yang membawa tombak dan payung. 

Pada pembukaan SEA Games nanti juga akan ditampilkan sejumlah tarian lainnya, yang pada intinya juga akan menceritakan kebesaran Kerajaan Sriwijaya dan kejayaannya menguasai Asia Tenggara. Kemudian, kisah tentang terbentuknya Kota Palembang juga akan disajikan pada pembukaan SEA Games ini.

Gambar : http://img.kaskushotthread.com, http://feastforrelief.com

7 komentar:

  1. Jaka Baring.... suatu saat ingin kuberdiri lagi pelataranmu dan memandang kibaran bendera di terpa angin yang menderu. Wong kito galo telah menawan hatiku.

    BalasHapus
  2. @ WPC : Besok berangkat pak, nonton pembukaan sea games di sana .he.he.

    BalasHapus
  3. Pasti acaranya meriah nih.... saya lihat di TV saja ya Sob. Semoga dapat melipur secara langsung di arena event ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  4. Saya yakin acara pembukaan SeaGames besok akan spektakuler. Mari kita doakan agar seluruh rangkaian acara Seagames berjalan lancar karena pembangunan sarana pertandingan olah raga bangsa-bangsa se-Asia Tenggara itu sudah dinodai kasus korupsi.

    BalasHapus
  5. pokonya dukung merah-putih di semua cabang olahraga.....
    nice info sodara

    komment balik yaaa
    follow ntker link jg yaaa

    BalasHapus
  6. nice post honey....
    semoga prestasi bangsa ini di bidang olahraga sesepektakuler kasus wisma atlitnya......

    salam.....
    di tunggu kunjungan baliknya......

    BalasHapus
  7. @ ejawantah : Sama, saya juga nonton di TV, yang pentingkan ikut dukung Indonesia.

    @ kombor : Amin... semoga Indonesia bisa berjaya dan jadi juara.

    @ cari kerja : pokoknya... garuda di dadaku deh :)

    @ joujimbo : ya... kita sama-sama menantikan Indonesia yang berprestasi (bidang olahraga, bukan korupsi). salam kenal juga pak.

    ALL : Jangan lupa dukung Indonesia di ajang SEA Games XXVI, gabung dalam fan page facebook SEA GAME XXVI, INDONESIA JUARA & jangan lupa ajak juga teman lainnya. Ayo Indonesia Bisa!

    BalasHapus