Senin, 09 Januari 2012

Wisata Awal Tahun di Istanbul

Istanbul
Mengawali tahun baru dengan berwisata ke luar negeri sudah pasti menjadi suatu hal yang menyenangkan. Terbang ke benua biru, Eropa dan mendarat di Turki, ada banyak objek wisata yang menarik di sana. 

Salah satu kota yang paling populer di Turki, Istanbul menyediakan banyak lokasi wisata yang memesona. Jika tak sempat berkeliling Turki, menelusuri Istanbul dalam rangka plesiran rasanya sudah cukup memuaskan.

Objek wisata yang cukup tersohor dan merupakan ikon dari Istanbul adalah Blue Mosque. Masjid ini berada di salah satu distrik tertua di Istanbul yakni kawasan Sultanahmet. Blue Mosque menarik perhatian banyak turis karena keenam menaranya yang amat mencolok. Desain masjidnya sendiri juga unik, karena seolah-olah masjid itu berdiri di atas kubah-kubah yang bertumpuk. 

Blue Mosque
Blue Mosque dibangun pada sekitar tahun 1609. Masjid ini memiliki 260 jendela dengan 20 ribu keeping keramik berwarna biru menghiasi bagian dalam masjid. Ornamen-ornamen abstrak peninggalan dari masa lalu juga menjadikan masjid ini memiliki nilai histori yang tinggi.

Grand Bazaar
Bagi turis yang gemar berbelanja, Istanbul memiliki satu lokasi perbelanjaan yang usianya sudah lebih dari 500 tahun. Adalah Grand Bazaar yang menyediakan banyak pilihan barang khas Turki seperti karpet, kerajinan kulit, pakaian, dan lain sebagainya. Di sebagian lorong Grand Bazaar juga banyak berdiri kios-kios teh dan kopi. Jika para turis ingin beristirahat sejenak, mereka bisa bersantai di kios-kios itu dan menikmati teh atau kopi hangat khas Turki.

Florence Nightingale Museum
Sedikit mengenal sejarah Turki, para turis bisa berkunjung ke Florence Nightingale Museum. Museum ini dibangun untuk mengenang pertempuran Krimea yang terjadi pada 1853-1856. Nama museum ini juga diambil dari seorang tokoh kemanusiaan yang bernama Florence Nightingale. Tokoh ini mendedikasikan hidupnya untuk merawat para tentara yang terluka dalam Perang Krimea.

Kawasan Moda
Selepas mengunjungi museum, para turis bisa melanjutkan perjalawan wisata Istanbulnya ke kawasan Moda. Pada masa lalu, kawasan ini dikenal sebagai kawasan elit untuk orang-orang Armenia dan Yunani. Di masa sekarang, Moda seperti menjadi salah satu sudut tua yang antik di Istanbul. Di kawasan ini para turis bisa melihat langsung rumah-rumah antik bergaya klasik, peninggalan masa lalu.

Banyak hal yang bisa kita jumpai manakala berwisata di Istanbul. Berbagai aspek wisata, mulai dari wisata sejarah, belanja, hingga religi bisa kita dapatkan di kota yang satu ini. Selamat berwisata.

Gambar : http://atravelerslibrary.com, http://www.orangesmile.com, http://zalando.co.uk, http://www.istanbulcityplanner.com, http://flickr.com 

4 komentar:

  1. ke grand bazar nya kayaknya ok juga tuh mas,, oyaklo gak salah di istambul juga ada wisata gratis tuh, coz kemaren sempet lihat beritanya:-)

    BalasHapus
  2. penasaran banget nih sama yang namanya timur tengah, eropa, amerika, tapi deng saya penasaran sama isi bumi ini semuanya, hehehe ;)

    BalasHapus
  3. Seru juga kalo bisa jalan-jalan ke Turki, terutama ke Istanbul ini.

    BalasHapus
  4. @ jamal lewinsky : iya... banyak tmpat wisata yg gratis di istanbul. makasih ya kunjungannya.

    @ Stupid monkey : kalo ada rejeki & kesempatan, kita bisa keliling dunia bro.

    @ Muhammad Gustavie : sip.. mudah2an bisa ke sana.

    BalasHapus