Rabu, 04 Januari 2012

Wisata Budaya di Kampung Cina

Gerbang Kemakmuran di Kampung Cina, Cibubur
Mau jalan-jalan ke kawasan Pecinan di sekitaran Jabotabek? Coba saja teman-teman mampir ke Kampung Cina di daerah Cibubur, tepatnya sih ada di dalam bagian dari Kota Wisata Cibubur. Di Kampung Cina ini, wisata budaya plus wisata belanja bakal jadi menu utama.

Pada bagian pintu masuk dari Kampung Cina ini, kita akan disambut oleh gerbang yang mirip dengan pintu masuk sebuah kota yang ada di Cina sana, kalau tidak salah kota itu adalah Kota Terlarang. Gerbang yang berbentuk setengah lingkaran itu dinamakan Gerbang Kemakmuran.

Di kawasan Kampung Cina ini juga, kita akan menemukan banyak bangunan dengan arsitektur Cina. Kemudian, ada juga patung-patung ala masyarakat Cina. Sepanjang jalan di Kampung Cina ini juga terdapat banyak kursi dari batu khas Negeri Tirai Bambu itu. Pokoknya, nuansa Cina benar-benar terasa di perkampungan ini.

Kios cinderamata Kampung Cina
Bagi teman-teman yang suka belanja, dijamin akan dimanjakan kalau berkunjung ke Kampung Cina ini. Pasalnya, di sini banyak sekali kios-kios yang menjajakan aneka barang, terutama yang berkaitan dengan kebudayaan Cina. 

Yang paling mudah ditemui adalah baju chongsam alias baju merah khas orang Tionghoa. Lalu ada juga aneka pernak-pernik seperti tas, dompet, dan lainnya dengan tambahan aksesoris berupa bordiran khas Cina.

Di saat-saat tertentu, terutama di hari-hari besar yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa, kawasan Kampung Cina ini akan sangat ramai. Terlebih juga, pada saat itu sering kali digelar pertunjukan-pertunjukan budaya dan kesenian khas Cina seperti barongsai atau atraksi ilmu bela diri kungfu dan wushu. 

Jalan-jalan di Kampung Cina
Berwisata ke Kampung Cina, banyak hal baru yang bisa kita jumpai. Di sana kita bisa lebih mengenal budaya Cina. Bagaimana, menarik bukan? Selamat berwisata.

Gambar : http://www.kota-wisata.com, http://wordpress.com, http://www.indonesiabox.com

4 komentar:

  1. Serba merah ya ga sob, suasananya emang lebih berasa disana, tapi ada juga lho yg lebih berasa cinanya, coba aja ke glodok, sekarang udah merah semua ;)

    BalasHapus
  2. @ Stupid monkey ~ kalo ke glodok mesti bawa duit banyak, sekalian belanja2 gitu ..he.he.he.. makasih kunjungannya nih :)

    BalasHapus
  3. keren postingannya..minggu ini kalo ga ada halangan insyaallah mau maen ke sana ni,mudah2an aja jadi..hehe..salam kenal,mampir balik ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Hana, makasih komennya.
      Salam kenal juga, nanti visit balik.

      Hapus