Senin, 15 Agustus 2011

Berbuka Puasa dengan Jus Sirsak atau Jus Alpukat

Untuk berbuka kita bisa mencoba bermacam menu makanan dan minuman, mulai dari aneka makanan dan minuman yang lazim kita temui saat berbuka puasa seperti kolak, es kelapa muda, atau es buah atau kreasi baru yang juga sarat gizi seperti jus buah segar yang kita buat sendiri.
Bicara tentang jus buah untuk berbuka puasa, kita bisa mencoba dua buah yang banyak manfaatnya yakni sirsak dan alpukat. Pertama, sirsak, buah yang biasa dikenal dengan sebutan nangka belanda ini cukup mudah kita jumpai. Rasanya juga terbilang cukup segar, kombinasi antara manis dan asam.
Selain segar sebagai jus, sirsak ternyata juga punya banyak kandungan gizi, yang paling utama adalah karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Kemudian ada juga kumpulan vitamin seperti vitamin C, B1, dan B2, lalu ada mineral seperti fosfor dan kalsium.
Jus sirsak segar sangat pas dihidangkan untuk berbuka puasa. Tak hanya punya kandungan yang tinggi, jus sirsak juga punya fungsi sebagai obat. Jus sirsak berguna untuk melawan kanker karena memiliki efek anti tumor dan kanker yang kuat. Kemudian, jus sirsak juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis lho.
Nah, setelah sirsak, sekarang kita coba jus alpukat. Jus alpukat barangkali sudah sangat umum kita kenal. Dan untuk menemukannya juga sangat mudah. Jus alpukat ini cukup segar jika dihidangkan sebagai minuman berbuka puasa, apalagi disajikan sedikit agak dingin dengan beberap potong es batu, ehmm.. segar sekali bukan?
Jus alpukat ini bisa jadi salah satu sumber energy untuk kita yang berpuasa. Mengapa demikian, jus alpukat punya kandungan kalori, lemak, dan minyak yang tinggi. Tak hanya itu, jus alpukat juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita.
Tak hanya sebagai penghilang dahaga, jus alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain adalah menjaga kulit agar tetap lembab dan kencang, kemudian jus alpukat juga berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah sekaligus mencegah anemia.
Bagaimana, siap untuk menikmati jus sirsak atau jus alpukat untuk berbuka puasa nanti? Tak ada salahnya dicoba…

2 komentar:

  1. jus2 diatas dinikmati enak sekali,,
    apalagi untuk kebutuhan kesehatan dan kecantikan,,
    bisa dinikmati pagi ataupun untuk menemani dalam melakukan aktivitas pagi,,
    jus alpukat manttapp

    BalasHapus
  2. @ langsing Sehat : minum jus buah, bagian dari pola hidup sehat. Makasih sudah mampir ke blog saya, salam kenal ya.

    BalasHapus