Kamis, 04 Agustus 2011

Ramadhan, Musimnya Baju Koko

Ramadhan ini, penjualan perlenglengkapan sholat pasti meningkat tajam. Mulai dari busana muslim untuk pria wanita, dewasa anak, hingga pada aksesorisnya seperti peci, tasbih, dan sajadah. Berkunjung ke pasar grosir pakaian di sekitar Tanah Abang, pasti produk yang paling banyak dicari untuk saat ini adalah busana muslim. 

Bicara soal busana muslim, terutama untuk pria, sudah tentu yang langsung terlintas di benak kita semua adalah baju koko, sarung, dan peci. Mengenai baju koko, saya punya catatan sendiri yang bisa saya bagi kepada pembaca sekalian. Baju koko sesungguhnya adalah baju yang lazim dipakai oleh para pria negeri Cina. Tapi karena hubungan dagang yang terjadi antara kerajaan-kerajaan Cina dan Indonesia berabad-abad lalu, akhirnya baju koko menjadi populer di tanah air.  

Seiring dengan masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia, baju koko mulai dipakai untuk kegiatan beribadah seperti sholat atau mengaji oleh kaum pria. Baju dengan kerah model Shanghai sangat populer di kalangan muslim Indonesia. Baju koko juga banyak dibuat dari bahan katun yang tidak panas dan nyaman dipakai. 

Dalam agama Islam sendiri, sebenarnya tidak ada aturan harus memakai baju koko untuk beribadah. Baju koko hanya perwakilan saja dari ketentuan yang mengharuskan setiap muslim untuk berpakaian yang sopan, rapi, dan menutup aurat.

Pemakaian baju koko pun sekarang sudah berkembang. Baju koko tidak lagi hanya dipakai untuk pergi ke masjid atau untuk beribadah saja. Untuk kegiatan-kegiatan yang santi, baju koko juga sudah mulai banyak dipakai para pria muslim di Indonesia.

Bentuk dan model baju koko turut pula mengalami perkembangan. Sebagian bagian dari produk fasion, baju koko menyadari harus terus berinovasi sesuai tuntutan jaman dan konsumen. Kini, baju koko tersedia dalam berbagai pola mulai dari bordir horizontal, vertical, serta diagonal. Tidak sampai di situ, baju koko masa kini juga tidak melulu selalu bertangan panjang, sekarang sudah banyak yang beredar baju koko tang pendek yang terlihat lebih menampilkan kesan muda kepada si pemakaianya.

Bermula sebagai pakaian para pedagang dari negeri seberang, kini baju koko menjadi busana muslim kebanggaan bagi mayoritas muslim pria di Indonesia. Baju koko juga sudah lebih fashionable, mengikuti tren namun tetap menguatkan nilai Islaminya.

Gambar: google

4 komentar:

  1. Tetap update postingan dan jang Copas
    Salam "team komunitas vivanews"
    Go Blogger indonesia ^^

    BalasHapus
  2. @ Izal : siap gan.. tq udah mampir ya.

    BalasHapus
  3. model baju koko sekarang keren2,,
    para lelaki tampak lebih ganteng memakai koko,,
    banyak model-model terbaru,,

    BalasHapus
  4. @ Busana Muslimah Terbaru : Baju koko sekarang juga kayaknya sudah gak dipakai buat ke masjid aja. Ada juga yang bisa dipakai buat kerja. Salam kenal, terima kasih sudah mampir ke blog saya :)

    BalasHapus