Rabu, 28 September 2011

Pesona Gua Batu Malaysia


Salah satu kuil di Gua Batu
Menyambung cerita saya sebelumnya, yang berjudul Tak Cukup Semalam di Malaysia, perjalanan saya berlanjut ke sebuah kawasan wisata yang juga sangat populer di negeri Jiran yakni Gua Batu. Gua Batu ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, yang merupakan sebuah situs perpaduan antara gua masa lalu dan kuil Hindu.


Gua Batu sendiri berjarak sekitar 13 km dari Kuala Lumpur. Lokasi tepatnya ada di kawasan komplek bukit kapur Gombak. Tiga gua utama menjadi objek wisata andalan dari Gua Batu ini. Satu yang termasyur adalah gua Kuil yang biasa digunakan untuk memuja Dewa Murugan.

Dari Kuala Lumpur, untuk dapat sampai ke Gua Batu, saya memilih menggunakan taksi. Pun begitu, ada alternatif moda transportasi lain yang bisa dipilih selain taksi, yakni bus umum atau kereta api yang berangkat dari Central Station.

Patung emas Dewa Murugan
Ketika menginjakan kaki di komplek wisata Gua Batu ini, di bagian pelataran gua saya disambut patung emas Dewa Murugan yang tampak kokoh dan tinggi menjulang. Patung yang tingginya sekitar 42 meter ini konon merupakan salah satu patung tertinggi di dunia.

Menurut turis setempat yang sering berkunjung ke Gua Batu ini, komplek kuil Gua Batu merupakan salah satu kuil Hindu yang cukup populer yang berada di luar India. Untuk sampai ke pelataran kuil sekaligus menikmati keindahan gua dan ornament kuil lainnya, saya dan para turis yang lain harus menapaki anak tangga sebanyak 272 anak tangga dengan ketinggian kira-kira 100 meter.

Melewati 272 anak tangga di Gua Batu
Kawasan Gua Batu sendiri juga cukup asri. Pepohonan besar tumbuh rindang menyejukan sekitaran komplek Gua Batu ini. Nah, untuk para turis juga, pengelola Gua Batu menyediakan fasilitas audio tour yang akan memberi penjelasan lebih dalam seputar kisah Gua Batu.

Gua Batu Malaysia menyimpan berjuta pesona akan keindahan alam, religi, dan historinya. Jika Anda sekalian berkunjung ke Malaysia, jangan lupa untuk mampir juga ke Gua Batu ini.

2 komentar:

  1. di Malaysia ada Gua Batu, di Indonesia ada Bali

    BalasHapus
  2. @ Trisnoaji : kapan2 ke Gua Batu yang di Bali deh.. Mas Tris sudah ke sana..?

    BalasHapus