Jumat, 30 September 2011

Berbagi Dalam Pameran Foto Korea Indonesia

Deretan foto dalam Pameran Foto WFK
Cerita saya kali ini adalah tentang pameran foto hasil karya para sukarelawan yang tergabung dalam World Friends Korea (WFK). Pameran foto yang sengaja dilibatkan dalam meramaikan festival Korea Indonesia Week di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, dari tanggal 28 September – 4 Oktober ini menampilkan gambar-gambar para sukarelawan WFK yang mengabdikan tenaga, waktu, dan pikirannya untuk masyarakat Indonesia.

Berdasarkan keterangan yang saya dapat dari pameran foto WFK ini program sukarelawan Korea di Indonesia pertama kali dilakukan pada tahun 1990 dan berlanjut hingga sekarang. Para sukarelawan – warga negara Korea, bertugas selama 2 tahun di seluruh propinsi di Indonesia. Mereka hadir untuk membantu kegiatan-kegiatan yang dilakukan instansi-instansi pemerintahan Indonesia secara cuma-cuma.

Salah satu foto yang dipamerkan, bakti relawan untuk manula
Bermacam bidang dibantu oleh para sukarelawan Korea. Bidang-bidang itu meliputi pendidikan, kesehatan, sosial, olahrga, pertanian, perikanan, dan lain sebagainya. Tak hanya sekedar membantu, para sukarelawan WFK juga saling bertukar pikiran dengan masyarakat Indonesia.

Pada pameran foto WFK yang juga didukung oleh Pusat Kebudayaan Korea atau Korean Cultural Center ini ditampilkan sekitar 20 foto kegiatan para sukarelawan selama berada di Indonesia. Kegiatan mereka bermacam-macam, seperti mengembangkan bis internet, pelatihan olahraga taekwondo, pelatihan komputer bagi pelajar-pelajar Indonesia, bakti sosial untuk para manula, pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat umum, dan lainnya.

Bus internet
Foto-foto pada pameran foto WFK ini merupakan bagian kecil dari kerja sama yang terjalin apik antara Korea dan Indonesia. Sebagai warga dunia yang baik, saling membantu sudah barang tentu merupakan kewajiban. Tujuannya, tentu saja untuk menciptan dunia yang lebih baik, seperti program utama yang dicanangkan oleh WFK, berbagi dan belajar untuk dunia yang lebih baik.

2 komentar:

  1. mantap!
    salam buat sodara2 sebangsa dan se-tanah air yg ada di Korea ya :)

    BalasHapus
  2. Mantap juga mas Tris.. kegiatan-kegiatan yang patut dicontoh nih. Salam :-:

    BalasHapus