Senin, 05 September 2011

Indonesia untuk Rumah Batik Dunia


Batik menjadi kebanggaan Indonesia. Sebagai bagian dari warisan budaya nusantara, saya rasa sudah sepantasnya kita – warga Indonesia turut berperan serta melestarikan batik. Yang membanggakan juga, batik tidak hanya dikenal di tanah air, tapi juga diakui sebagai milik bangsa Indonesia oleh masyarat internasional. 

Kabar terbaru dari batik, setelah UNESCO mengakui batik adalah warisan budaya tak benda milik Indonesia, pemerintah melalui kementerian perindustrian berencana menjadikan Indonesia sebagai rumah batik dunia. Saat ini juga, Indonesia gencar melakukan promosi batik di dalam dan luar negeri.

Jika rencana ini terwujud, maka pusat batik dunia akan berada di Indonesia. Hal ini tentu akan membanggakan kita semua. Sejarah batik dan proses pembuatannya akan menjadi santapan yang menarik untuk kita pelajari. 

Sementara itu, jika ada orang-orang asing yang datang ke Indonesia dan belajar mengenal atau mengenakan batik, tentu juga akan membanggakan. Indonesia jadi rumah batik dunia, kenapa tidak?

Gambar: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar