Kamis, 29 September 2011

Banyak yang Enak di Festival Kuliner Nusantara


Hari Minggu lalu, saya dan keluarga menyempatkan diri jalan-jalan ke salah satu mall yang ada di daerah Gading Serpong, Tangerang. Mall tersebut cukup besar, ramai, dan lengkap. Satu yang menarik perhatian saya, rupanya di mall itu sedang ada acara yang namanya Festival Kuliner Serpong. Wah, pasti banyak makanan enak, begitu pikir saya saat itu.
Benar saja, begitu masuk ke bagian pelataran mall, sudah berjajar puluhan stand penjaja kuliner, yang semuanya menyediakan makanan khas Indonesia, luar biasa. Pertama saya coba mendatangi stand nasi, di deretan ini ada bermacam masakan nasi asli nusantara, misalnya nasi Bali, nasi jenggo, nasi kucing, nasi ayam betutu sambel gledek, dan lain sebagainya.

Sesaat saya mencoba nasi kucing, sekedar mau tahu saja apa sih bedanya dengan nasi kucing yang biasa dijual oleh pedagang ankringan di Jogja sana. Ehm.. rupanya hampir sama, sama-sama enak, sama-sama berlaukan kering tempe dan teri serta sedikit sambal Jawa.
Selepas menikmati nasi kucing tadi, kembali saya berkeliling untuk melihat lebih jauh makanan nusantara apa saja yang ada, selain nasi. Yang sempat saya lihat antara lain sate kuda, ketupat sayur, rujak bebek, es cendol.. wah-wah, semuanya makanan ndeso yang super lezat.
Mengunjungi festival makanan Indonesia ini, terutama di hari Minggu lumayan ramai. Banyak pengunjung yang berebut ingin mencoba macam-macam makanan nusantara tadi. Dalam benak saya, kapan lagi bisa menemukan makanan tradisional yang unik, kalau tidak di acara-acara seperti ini.
O..ya, acara festival makanan Indonesia ini berlangsung selama beberapa hari, dari tanggal 23 September sampai 9 Oktober mendatang. Jadi buat teman-teman sekalian yang mau coba icip-icip makanan tradisional Indonesia, masih ada kesempatan untuk datang ke acara ini.
Gambar:
http://serpong.kompas.com/

5 komentar:

  1. kalau dimalang acara kayak gtu namanya malang tempoe doeloe persis sama kayak gtu

    BalasHapus
  2. @ kodok kampus : malang tempo doeloe -- makanan indonesia menyeluruh atau khusus kuliner malang / jawa timur aja mas?

    @ asaz : iya.. macam-macam, enak-enak lagi.

    BalasHapus
  3. wah asik nih,
    bisa nyicipi masakan daerah lain juga,
    pasti enak.
    kapan ada lagi yah ?

    BalasHapus
  4. @ API : wah kalau ada laginya kapan, belum ada info lanjutan nih. Mungkin bisa tahun depan, kayaknya festival ini acara tahunan sih. tapi emang seru kok festival kuliner ini.

    BalasHapus