Kamis, 07 Juli 2011

Colosseum.. Kenangan Gedung Pertunjukan Berdarah

Bangunan peninggalan masa lampau menjadi pengingat bagi yang hidup di masa sekarang. Dari dataran Eropa, berdiri megah sebuah bangunan besar yang pada masanya dijadikan tempat untuk bertarungnya para kesatria.


Colosseum adalah sebuah peninggalan sejarah berupa gedung pertunjukan yang besar/amphitheatre yang termasuk salah satu dari “Tujuh Keajaiban Dunia Pertengahan.” Terletak di Ibukota Negara Italia, Roma, bernama asli “Flavian Amphitheatre”, didirikan oleh Raja Vespasian dan terselesaikan oleh anaknya Titus.

Mengenai tahun pembuatannya sampai saat ini masih ada perbedaan keyakinan. Ada yang berpendapat bahwa Colosseum dibuat pada tahun 79 SM , ada juga yang berpendapat bahwa dibuat antara tahun 70-82 M .Tapi, kebanyakan arkeolog berpendapat bahwa Colosseum dibuat pada tahun 70-82 M. Asal nama Colosseum berasal dari sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m yang bernama Colossus. Colosseum disediakan untuk menampung 50 ribu orang penonton.

Nama dari Coloseum diambil dari nama sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m, Colossus. Patung Colossus dibuat ulang sebagai pengganti Nero, sebagai perumpamaan dari Sol – sang dewa matahari, dengan menambahkan mahkota matahari. Di waktu pertengahan tahun, patung colossus telah menghilang.

Selain diambil dari nama Coloseum, Coloseum juga disebut sebagai Flavian Amphitheatre yang tidak diketahui siapa yang memberi nama itu. Di Itali, Coloseum diberi nama il colosseo tapi bahasa Roma lainnya menggunakan nama le colisée dan el coliseo untuk menyebutkan Colosseum.

Di masa Kekaisaran Romawi, Coloseum merupakan tempat penyelenggaraan sebuah pertunjukan yang spektakuler, yaitu sebuah pertarungan antara binatang (venetaiones), pertarungan antara tahanan dan binatang, eksekusi tahanan (noxii), pertarungan air (naumachiae) dengan cara membanjiri arena, dan pertarungan antara gladiator (munera). Selama ratusan tahun itu, diperkirakan ribuan orang maupun binatang mati di pertunjukkan Colosseum.

Kini, Colosseum menjadi bangunan kuno yang sangat bernilai, dan menjadi salah satu objek wisata paling menarik dari Italia. Jika Anda berkesempatan datang ke Negeri Pizza ini, jangan lupa untuk mengunjungi Colosseum ini.

2 komentar:

  1. colloseum memang tak ada duanya. haha
    mampir ke blog saya mas,thanks :)

    BalasHapus
  2. @ RD : betul sob.. punya nilai histori yang tinggi. nanti mampir ke blog kamu deh.. makasih ya :)

    BalasHapus