Selasa, 19 Juli 2011

Kilas Balik Harry Potter, 1995 - 2011

Kisruh soal pajak import film memberi imbas yang kurang menyenangkan bagi para penggemar film barat. Film-film terbaru Hollywood seperti Harry Potter 7 part 2 dan Transformers 3 diragukan bakal tayang di Indonesia. Kalau pertengahan Juli lalu, di jagat maya  beredar kabar kedua film ini bakal tayang di bioskop Indonesia, rupanya hanya isu bohong belaka.

Untuk penggemar Harry Potter di Indonesia sudah pasti kecewa berat karena film edisi terakhir si penyihir remaja tampan ini tak bisa dinikmati di negeri sendiri. Kalau pun mau nonton film ini, harus terbang jauh ke negeri tetangga, Malaysia atau Singapura. Film Harry Potter edisi terakhir ini resmi dirilis 7 Juli lalu.

Film Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 ini merupakan lanjutan dari Harry Potter 7 jilid I. Dalam film jilid ke-2 ini akan dikisahkan bagaimana akhir dan juga awal kisah dari Harry Potter sendiri. Di film ini juga akan diceritakan alasan kenapa musuh besar Harry, Voldemort menginginkan Harry mati. Selain itu diceritakan juga hal-hal yang selama ini tidak diketahui Harry mengenai hubungannya dengan Voldemort. Bagiamana pun juga, film ini akan menjadi penghabisan bagi kisah Harry Potter. Di Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 akan ditentukan siapa yang akan bertahan hidup dan siapa yang akan mati.

Mengingat ini adalah film terakhir Harry Potter, rasanya tak salah jika saya sedikit menuliskan kisah perjalanan “Harry Potter”, yang saya kutip dari Reuters dan Ghiboo.com.

1995 – J.K. Rowling menyelesaikan naskah pertama novel Harry Potter “Harry Potter and the Philosopher’s Stone”.

1996 – Bloomsbury menerima naskah tersebut untuk diterbitkan dan The Scottish Arts Council memberikan dana bantuan kepada J.K. Rowling untuk menuliskan seri selanjutnya.

1997 – “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” resmi diterbitkan pada Juli 1997 di Inggris. Setahun kemudian, tepatnya Oktober 1998, novel Harry pertama itu terbit di Amerika dengan judul “Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.

1998, Juli – Bloomsbury terbitkan “Harry Potter and the Chamber of Secret” dan langsung menjadi penguasa daftar buku terlaris di BookTrack.

1998, Oktober – Warner Bros membeli hak pembuatan film untuk dua judul pertama dari total 7 buku yang akan dibuat.

1999, Juli – Bloosbury terbitkan “Harry Potter and The Prisoner of Azkaban”.

2000, Juli – Novel “Harry Potter and the Goblet of Fire” diterbitkan dan sejumlah penjualannya menurun. Novel Harry Potter seri ini hanya terjual 372 ribu kopi.

2001, November – Film “Harry Potter and the Philosopher’s Stone rilis di Inggris dan Amerika.

2002, November – Film “Harry Potter and the hamber of Secrets” rilis di Inggris dan Amerika. Film ini meraih pendapatan $15.7 juta pada hari pertama.

2003, Juni – Novel kelima yang berjudul “Harry Potter and the Order of the Phoenix” diterbitkan di Inggris dan Amerika. Pada hari pertamanya terjual lebih dari 5 ribu kopi.

2004, Juni – Film “Harry Potter and The Prisoner of Azkaban” dirilis dan meraih pendapatan $92.7 juta, melebihi pendapatan dua film sebelumnya.

2005, Juli – Novel keenam “Harry Potter and the Half-Blood Prince” rilis dan terjual lebih dari 8,9 juta kopi di hari pertama.

2005, November – Film “Harry Potter and the Goblet of Fire” menambah beberapa pemain baru seperti Ralph Fiennes (Lord Voldemort), yang berhasil membuat film ini menjadi lebih menegangkan.

2007, Juli – Novel terakhir berjudul “Harry Potter and the Deathly Hallows” diterbitkan dan terjual lebih dari 11 juta kopi di hari pertama melalui 3 toko buku yang berbeda.

2009, Juli – Film ke-6 Harry Potter “ Harry Potter and the Half-Blood Prince” dirilis dan meraih pendapatan sebesar $934 juta.

2010, Juni – Islands of Adventure Park milik Universal Studio di Florida USA, resmi membuat wahana bernama The Wizarding World of Harry Potter. Wahana yang dibangun di atas lahan seluas 20 hektar dan menelan biaya pembangunan sebesar $250 juta ini merupakan rekonstruksi ulang dari The Hogwarts School of Witchcraft and Wizardy.

2010, Oktober – J.K. Rowling diwawancara Oprah setelah ia menyelesaikan buka terakhir Hary Potter. Saat itu ia menangis dan menyatakan tidak akan membuat kelanjutan dari cerita Harry Potter.

2010, November – Film ke-7 Harry Potter “Harry Potter and the Deathly Hallows – Part I dirilis pada tanggal 19 dan sukses meraup pendapatan total $952 juta.

2011, Juli – Film terakhir Harry Potter yang berjudul “Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2” tayang perdana di London, Inggris pada tanggal 7 dan tayang di Amerika pada 15 Juli. Pada penayangan perdananya, film Harry Potter ini meraup pendapata $92,1 juta.

Gambar/video: google

2 komentar:

  1. Harpot 7 yang part 2 udah bakal masuk indo gan.. yippi

    BalasHapus
  2. Mudah-mudahan aja, soalnya info yang kemarin cuma isu.

    BalasHapus