Jumat, 28 Oktober 2011

Merawat Mobil di Musim Hujan

Mobil butuh perawatan ekstra di musim hujan
Beberapa hari terakhir ini, menjelang sore hingga malam, Jakarta dan sekitarnya sudah mulai di guyur hujan. Sepertinya, musim penghujan sudah tiba.  Bagi yang beraktifitas di luar rumah, seperti bekerja atau kuliah, tentu akan merasa repot juga karena harus berhujan-hujanan ria. Tapi, bagaimana pun juga hujan itu berkah, pemberian dari Yang Maha Kuasa.

Nah, di musim penghujan juga, para pemilik kendaraan baik mobil atau motor mesti waspada juga. Maksudnya waspada dalam merawat kendaraannya di kala musim hujan, soalnya kalau keguyur air hujan setiap hari, lama-lama mobil atau motor kita bisa cepat rusak, atau yang paling mudah jadi suka mogok.


Dua hari lalu, saya juga kehujanan bersama kendaraan saya ketika pulang kerja. Bersyukur selama perjalanan, kendaraan saya lancar-lancar saja. Pun begitu, saya sendiri punya beberapa trik yang bisa digunakan untuk merawat mobil di saat musim hujan, sekiranya berguna, silahkan saja teman-teman coba di rumah.


1. Jika teman-teman sekalian suka memarkir mobilnya di luar bangunan atau di garasi tanpa atap sehingga mobil itu tersiram langsung air hujan, biasakan untuk selalu memeriksa komponen karet dan kaca dengan memakai penyemprot silicon, tujuan untuk menjaga kelenturan komponen karet tadi supaya tetap bisa menahan air agar tidak masuk ke dalam kabin mobil.


Sesekali berikan juga pembesih karat
2. Secara rutin menyemprotkan pelumas pada engsel-engsel pintu untuk mencegah terjadinya karat karena air hujan. Semprotkan juga pembersih kontak ke bagian kelistrikan untuk mencegah air masuk.


3. Air hujan biasanya juga mengandung garam dan butiran kotoran debu yang bisa juga merusak cat mobil. Begitu juga ketika mobil dibawa keluar dan melawati genangan air, akan banyak kotoran yang menempel pada bagian bodi mobil. Jika demikian, segera bersihkan dan lap kering bagian bodi itu tapi sebelumnya semprot dulu dengan air bersih, jadi jangan langsung mengelap mobil tanpa dibilas terlebih dahulu.


4. Jika ada waktu yang lebih panjang, sebaiknya juga rutin mencuci mobil di musim hujan. Gunakan sampo mobil berkadar busa rendah. Untuk mengelapnya juga gunakan lap khusus untuk mobil agar tidak meninggalkan bekas atau goresan.


5. Di musim hujan juga, jangan membiasakan diri untuk mendiamkan mobil yang terkena hujan berlama-lama. Hindari hal itu supaya mobil kita tidak terkena karat, jamur, ataupun noda.


6. Periksa juga bagian kabel-kabel dan saluran bahan bakar. Hal ini dilakukan supaya kita bisa tahu apakah ada bagian yang bocor, terutama pada saluran bahan bakar untuk mencegah air masuk dan bercampur dengan bahan bakar.  

Periksa juga bagian busi dan kabelnya agar terhindar dari air hujan
7. Periksa juga komponen pengapian, terutama busi dan kabel busi yang tak boleh bocor agar selama musim hujan, mobil kita juga tetap bisa dinyalakan dengan mudah. Kemudian, periksa juga koil atau distributornya, sebab apabila air masuk ke sistem kelistrikan akan menjadikan hubungan arus pendek dan membuat mesin mobil mogok.


Demikianlah tips sederhana dari saya yang berkaitan dengan merawat mobil di musim hujan. Mudah-mudahn tips ini bermanfaat dan bisa membantu teman-teman sekalian.

9 komentar:

  1. dilihat dari foto mesin diatas. sobat sangat menyanyangi mobil.terlihat bersih tanpa ada kotor hehehe

    thnks dah dishare cara Merawat Mobil di Musim Hujan-nya.. happy blogging

    BalasHapus
  2. @ wisata : terima kasih sudah mampir ya. kalo soal merawat mobil atau kendaraan, kita semua bisa kok, yang penting peduli aja sama kendaraannya sendiri. kalo bersih dan terawat, kan kita juga yang senang.

    BalasHapus
  3. terima ksih atas infonya
    buad saya sungguh bermanfaat......

    koomment balik yaaaa...,
    follow n tker link jg yaaa

    BalasHapus
  4. @ cari kerja : ya sama-sama. pasti mampir deh.. salam kenal ya.

    BalasHapus
  5. Jakarta Banjir, Semrang rob. Bikin mobil cepet rusak aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. resiko punya mobil di Indonesia, salah satunya resiko kebanjiran :)
      makasih kunjungannya ya.

      Hapus
  6. Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto,telp :(0321)321922,326991,329669.sms:085648280307

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kunjungan.. semoga RS-nya maju dan sukses :) amin

      Hapus
  7. Makasih banget yaa artikelnya nice banget nih. Emang paling pe'er banget kalo musim ujan, apalagi kalo abis itu langsung panas, panas ujan panas ujan. Jadi tambah tugas perawatan cat mobil dan kendaraan yang rutin dan terbaik buat mobil kesayangan.. hiks...

    BalasHapus