Senin, 24 Oktober 2011

Saatnya Berwisata di Gunung Merapi

Tarian Jaran Kepang bakal meramaikan Tour de Merapi 2011
Gunung Merapi menyimpan misteri dan keindahan. Dengan letusannya yang dahsyat, Gunung Merapi di Yogyakarta memberi bencana. Tapi dengan keindahan alamnya, ia menyuguhkan pesona wisata yang luar biasa.

Kisah tentang keindahan dan wisata Gunung Merapi bisa disaksikan langsung dalam kegiatan jejalah wisata Tour de Merapi. Seorang kerabat yang tinggal di Jogja mengabarkan kepada saya, jika jelajah wisata Merapi dengan menggunakan kendaraan bermotor ini akan dilangsungkan pada 30 Oktober nanti, itu artinya akhir pekan ini.

Kerabat saya tadi juga menjelaskan tentang tujuan dari diadakannya jejalah wisata Merapi ini, salah satunya adalah membangkitkan kembali semangat hidup warga lereng Merapi sekaligus juga mempromosikan pariwisata Kabupaten Sleman dan juga mulai meningkatkan ekonomi masyarakat setempat pasca letusan Merapi tahun 2010 lalu.

Tour de Merapi akan menempuh rute sepanjang 100 km dan juga melewati beberapa objek wisata potensial yang dimiliki Kabupaten Sleman. Objek wisata tersebut antara lain Tuk Si Bedug, Masjid Pathok Negoro, Candi Prambanan, serta tur lava di Umbulharjo Cangkringan.

Museum Gunung Merapi sebagai lokasi finish Tour de Merapi 2011
Peserta tur Merapi ini juga akan melewati 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman. Peserta tur dapat mengenal dan melihat langsung kegiatan sosial masyarakat di sekitar Gunung Merapi yang ada di Kabupaten Sleman.

Oiya.. Tour de Merapi ini merupakan acara resmi pemerintah setempat lho. Penyelenggaranya adalah Pemerintah Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tur Merapi 2011 ini akan mengambil tempat permulaan di Lapangan Pemda Sleman dan finish di Museum Gunungapi Merapi.

Kegiatan tur Merapi ini sepertinya bisa menjadi kegiatan yang menarik dan seru. Para petualang atau penggemar touring otomotif pasti akan suka acara ini. Selain itu, objek wisata yang ditawarkan juga tak kalah seru.

Nah, bagi teman-teman yang tertarik ingin ikutan Tour de Merapi 2011 ini bisa mendapatkan informasi lengkapnya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Jl. KRT Pringgodiningrat No. 13 Beran Tridadi, Sleman, tlp. 0274-869613.
 
Gambar : www.blogspot.com, www.bzlink.us, www.kompas.com

8 komentar:

  1. Wah baru tahu nih kalo ada tour de merapi padahal saya Jogja juga, thanks infonya

    BalasHapus
  2. jangan lupa oleh-olehnya ya mas! :D

    BalasHapus
  3. @ Yusuf : Yup, biar merapi ramai lagi, dikunjungi banyak turis.

    @ Adeline : oke... adel mau oleh-oleh apa? abu merapi mau..? he.he.he.he..

    BalasHapus
  4. pasca erupsi merapi perlu di benahi sana-sini,
    kalau dah jadi baru main2 lagi kesana

    BalasHapus
  5. @ API : iya, perlu perbaikan yang serius, biar merapi bisa kembali indah dan jadi objek wisata alam yang menarik.

    BalasHapus
  6. main-mainnya ke museum yang bagus-bagus yah

    BalasHapus