Selasa, 25 Oktober 2011

Nasi Megono, Menu Khas Kota Batik

Nasi megono, nasi dan urap nangka
Kota Pekalongan, Jawa Tengah dikenal sebagai kota batik. Kebanyakan orang pun tahu, kalau mau cari batik yang bagus ya Pekalongan tempatnya. Pun begitu, ada juga kota-kota lain yang juga memproduksi batik berkualitas, misalnya Solo dan Jogja.

Keluarga ibu saya berasal dari Pekalongan. Bisnis batik Pekalongan bukan menjadi hal yang baru bagi saya. Maklum saja, ibu saya juga punya usaha batik Pekalongan yang dikembangkan di Jakarta. Dan sesekali, saya juga turut membantu untuk berbelanja batik di Pekalongan.

Kali ini saya tidak akan bercerita tentang batik, melainkan bercerita tentang salah satu salah satu makanan khas Pekalongan, yakni nasi megana atau sego megono dalam pelafalan bahasa Jawa. Nasi megono ini sangat populer di Pekalongan, kalau di Jakarta bisa diibaratkan sebagai nasi uduk Betawi yang kondang itu.  

Nasi megono juga biasa disajikan bersama gulai kambing
Nasi megono merupakan nasi putih yang dicampurkan dengan urap nangka. Cara memasaknya adalah dengan dikukus. Potongan kecil buah nangka bertabur parutan kelapan akan tersaji sedap di atas piring. Di kota asalnya, nasi megono biasa disajikan sebagai menu sarapan. Dan pasangan idealnya sebagai lauk adalah tahu tempe atau ayam goreng.

Di Pekalongan sendiri sangat mudah menemukan nasi megana. Setiap warung makan pasti menyediakan menu makanan ini. Dan beberapa di antara pedagang itu masih ada yang menyajikan nasi megono dengan gaya tradisional, yakni dihidangkan di atas pincuk daun pisang, ehm.. lezatnya.

Sesekali, sebagai pengobat rindu akan kampung halaman, ibu saya suka membuat sendiri nasi megono. Ditambahkan dengan emping si keripik melinjo, nasi megono buatan ibu saya itu sangat nikmat apalagi disantap ketika hangat.

Nah, kalau di antara teman-teman nanti ada yang berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa beli batik sebagai oleh-oleh dan juga cicipi sedapnya nasi megono.
 
Gambar : www.blogspot.com, www.multiply.com

7 komentar:

  1. Udah follow, follow me back ya :D

    BalasHapus
  2. wah nasi megono biasa di jumpai di pekalongan dan surabaya, tuh dulu saya juga pernah nyobain,,hehe

    mampir ke blog ku yah\

    http://singkat-saja.blogspot.com/2011/10/makanan-yang-dapat-menurunkan-gairah.html

    BalasHapus
  3. saya juga suka nasi goreng :)
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  4. nasi megono kagak disebut asal penamaannya bahan/bumbunya opo mas?

    BalasHapus
  5. megono tuh nasi biasa gitu yaa?? mirip nasi kucing gak?? pengen nyoba nih..

    BalasHapus
  6. @ Creative : Gimana rasanya, enak kan? Sip.. langsung meluncur ke blog.

    @ askep : iya, nasi goreng juga gak kalah enak. langsung mampir ke blog deh :)

    @ Azas : bahan utamanya cuma buah nangka yang dipotong kecil-kecil terus dikasih parutan kelapa, macam urap seperti itu. kalau cara bumbu detilnya saya kurang tahu, saya cuma bisa makannya aja ..he..he..he.. nanti tak cari dulu infonya mas. makasih masukannya :D

    @ Jimmy : beda sama nasi kucing jim, nasi kucing banyak lauknya, kalau nasi megono cuma nasi putih dan urap nangka... kurang lebihnya seperti itulah.

    BalasHapus