Selasa, 11 Oktober 2011

Teknik Dasar Latte Art

Menyambung artikel saya sebelumnya yang berjudul Latte Art, Seni Menghias Kopi, ada beberapa saran dari pembaca blog saya untuk menampilkan teknik-teknik dasar dari latte art. Setelah mencari-cari akhirnya saya dapat sejumlah informasi berkaitan dengan teknik praktis latte art.

Mengulang sedikit definisi dari latte art, bisa kita artikan sebagai istilah yang dipakai untuk menyebutkan gambar atau pola atau desain yang dibuat pada minuman dasar espresso. Latte art lazim dipakai pada kopi late karena minuman kopi yang satu ini punya perbandingan susu dan dan foam yang mendukung.

Seni menghias kopi dengan teknik free pour latte art
Ada beberapa teknik dalam latte art. Pertama adalah Free Pour Latte Art, teknik ini dilakukan dengan memanipulasi jatuhnya susu dan foam yang dituangkan di atas espresso. Motif yang populer dari teknik ini adalah motif bergambar daun atau rosetta dan hati atau heart.

Selanjutnya ada teknik Etching, yang dilakukan dengan menggambar pola di atas permukaan minuman kopi dengan alat atau bahan tambahan semisal sirup, bubuk kopi, coklat dan sebagainya. Bahan tambahan diberikan setelah susu dituangkan ke atas espresso. Teknik ini sedikit lebih mudah dipelajari dibanding teknik pertama tadi.

Teknik etching latte art dengan tambahan bubuk kopi dan coklat
Kemudian, untuk membuat latte art diperlukan bahan dan peralatan yang mendukung. Salah satu bahan pentingnya adalah susu panas. Dan untuk memanaskan susu bisa digunakan wadah apa saja. Namun, untuk frothing sebaiknya menggunakan alat yang terbuat dari logam dan berujung lancip.

Teknik-teknik yang saya sampaikan ini hanya berada di bagian permukaan latte art saja, maklum saya bukan seorang praktisi latte art secara langsung. Semoga informasi mengenai teknik dasar latte art ini bisa sedikit mengobati rasa ingin tahu dari teman-teman sekalian yang tertarik dengan latte art.

4 komentar:

  1. kopi susu selain minuman sedap bisa jd barang seni, kalau terlalu indah sayang untuk di minum

    BalasHapus
  2. Thx U Mas Aji Prasetyo, informasi ini benar-benar membuat dahaga saya sirna. Hmmmm.... aku bisa memanjakan diri dengan walk bloging dengan kopi nikmat. Salam sukses!

    BalasHapus
  3. @ Asaz : Nggak apa-apalah, kopi yang berhias itu dibuat juga untuk diminum. Selamat menikmati kopi susunya .he.he.

    @ Wina PC : Sama-sama.. kapan-kapan mampir lagi ke blog saya. Sukses juga untuk Wina Private Course.

    BalasHapus
  4. Gan etching pen harganya berapa?
    carinya dimana?

    BalasHapus